logo

5 Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem Yang Harus Cepat Diatasi

Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem –¬†Salah satu komponen atau bagian yang mempunyai peran sangat penting dalam keselamatan berkendara baik itu mengendarai motor ataupun mobil yaitu sistem pengereman. Hal ini dikarenakan fungsi¬†komponen rem untuk menghentikan laju kendaraan pada saat belajar.Jadi dengan adanya rem, mobil atau motor tetap aman untuk dikendarai diberbagai jalanan tanpa harus khawatir mobil ataupun motor akan menabrak.

Seperti halnya komponen lainnya, rem mobil ataupun motor akan mengalami penurunan kinerja karena seringnya digunakan. Maka dari itu agar kinerja rem tetap optimal, pemilik mobil ataupun motor di tuntut untuk melakukan perawatan secara rutin supaya kinerja rem pada mobil atau motor yang dimilikinya tetap optimal dan mampu menunjang keselamatan berkendara.

Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem

adversitemens

Dan biasanya jika rem mobil atau motor kurang atau jarang dirawat maka akan timbul berbagai masalah pada sistem pengereman, dari kinerja rem yang kurang optimal sampai rem tidak pakem. Dan jika kondisi rem mobil sudah tidak pakem ini yang perlu diwaspadai, karena akan membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpangnya. Jangan sampai karena kemalesan kita mengecek komponen rem, malah menimbulkan korban jiwa yang tentunya tidak kita harapkan.

Ada banyak Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem yang perlu kita ketahui, pada umumnya rem mobil tidak pakem disebabkan karena ada beberapa komponen pada sistem pengereman yang mengalami penurunan kinerja. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sistem pengereman pada mobil ini terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan sehingga mampu memberikan pengereman yang pakem dan handal. Jadi jika salah satu komponen kinerjanya berkurang maka untuk pengeremannya pun tidak optimal.

5 Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem

Nah untuk sobat yang sekarang merasa rem mobil kesayangannya kurang pakem atau tidak pakem, kami rasa mengunjungi otosite.net adalah langkah yang sangat tepat untuk mengatasi problem yang ada pada mobil kesayangannya. Dan untuk lebih jelasnya, silahkan lihat Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem yang perlu diatasi.

adversitemens

Selang Minyak Rem dan Fleksibel Mampet

Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem yang pertama yaitu selang minyak rem dan fleksibel yang mampet. Hal ini dikarenakan pada waktu niple membuang minyak rem terbuka maka minyak rem tidak bisa keluar yang disebabkan selang tersebut mampet.

Booster Rem Mengalami Kerusakan

Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem yang kedua yaitu terjadinya kerusakan pada booster rem, jika komponen tersebut mengalami kerusakan maka efeknya pedal rem saat di injak akan terasa keras. Dan penyebab dari booster rem rusak ini karena master mengalami kebocoran. Dan untuk mengetahui gejala booster rem maka yaitu keluar bunyi desis udara pada saat pedal rem di injak.

Master Hidrolik Bagian Atas Bocor atau Rusak

Selain selang minyam rem mampet dan booster rem yang rusak, Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem yang lainnya yaitu master hidrolik bocor atau rusak.Rusaknya master hidrolik ini biasanya disebabkan sil master yang sudah aus atau bocor. Untuk mengetahui sil aus, kita cukup melihat pada permukaan tabung rem pada saat di injak. Jika minyak rem tidak turun dan malah kembali ke atas berarti memang sil sudah aus dan perlu diganti.

Kanvas Rem Yang Sudah Tipis

Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem yang ke empat yaitu kanvas rem sudah tipis dan kanvas rem yang basah juga bisa membuat rem mobil tidak pakem. Jika kanvas rem sudah tipis maka kinerja sistem pengereman akan berkurang sehingga rem mobil kurang pakem.

Master Hidrolik Bagian Bawah Macet

Selain hidrolik bagian atas yang bocor, Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem yang selanjutnya yaitu master hidrolik bagian bawah yang macet. Jika master rem macet maka akan menyebabkan piston rem yang kurang bekerja secara maksimal untuk mendorong kanvas rem, jika kondisi tersebut maka rem mobil pun tidak akan pakem. Salah satu ciri master hidrolik yang macet yaitu pedal rem keras pada saat di injak.

Demikianlah ulasan tentang Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem yang perlu diketahui, jika sobat merasa rem mobil kesayangannya kurang pakem mungkin sobat bisa mengecek pada beberapa bagian yang kami sebutkan diatas. Semoga saja dengan adanya ulasan tips otomotif ini menambah wawasan sobat terkait sistem pengereman pada mobil, kemudian untuk tips otomotif lainnya sobat bisa membaca Akibat Ganti Oli Telat dan Arti Kode SAE pada kemasan oli.