logo

Jenis,Fungsi,Cara Kerja Power Steering Lengkap

Adversitements

Power Steering  – Bagi sobat otomotif yang mempunyai kendaraan roda empat atau mobil pastinya sudah tidak asing mendengar kata power steering. Namun yang cukup lucu meskipun banyak yang tahu secara fisik apa itu power stering,tapi tidak sedikit juga para sobat otomotif yang kurang paham tentang komponen kemudi ini, untuk apa fungsinya dan bagaimana sistem kerjanya. Oleh karena itu untuk menambah wawasan sobat, kami ingin membahas artikel tentang Jenis,Fungsi dan Cara Kerja Power Stering secara lengkap.

Power Steering

Sebelum kami menjelaskan jenis power stering terus untuk apa fungsi dan sistem kerjanya, kami akan sedikit mengulas apa itu Power Steering? Pengertian Power Stering adalah sebuah alat atau komponen yang di pergunakan di sistem kemudi untuk meringkankan saat membelokan setir pada sebuah mobil. Dilihat dari perngertiannya, bisa ditarik sebuah kesimpulan sederhana bahwa fungsi dari Power Stering yaitu meringankan putaran kemudi supaya lebih mudah saat dikemudikan. Di industri mobil, ada beberapa Jenis Power Steering yang sering digunakan untuk sebuah mobil,diantaranya bisa lihat dibawah ini.

adversitemens

Jenis Power Steering

Elektrik: sebuah jenis power stering yang bekerja dengan menggunakan putar motor listrik, jenis ini banyak digunakan mobil terbaru seperti suzuki karimun, honda jazz dan toyota yaris.

Hidrolis: Jenis steering power ini bekerja menggunakan tekanan fluid, untuk jenis ini banyak digunakan pada panter dan toyota kijang.

Fungsi Power Steering

Itulah beberapa Jenis Power Steering yang bisa sobat ketahui,kemudian untuk fungsinya sebagaimana yang sudah kami jelaskan bahwa fungsinya secara sederhana untuk meringankan sistem kemudi. Dan perlu sobat ketahui power steering ini terbagi menjadi beberapa komponen diantaranya bisa lihat dibawah ini.

adversitemens
  • Pompa mempunyai fungsi untuk memberikan tekanan fluida keseluruh rangkaian power stering
  • Reserfoir mempunyai fungsi untuk menjadi wadah cadangan oli di dalam komponen ini.
  • Katup Pengatur berfungsi mengatur sirkulasi aliran oli sesuai arah
  • Silinder Tenaga berfungsi menyalurkan aliran oli ke long tea rod yang menyesuaikan arah kemudi.

Cara Kerja Power Steering

Setelah menjelasakan mengenai jenis dan fungsi power steering, selanjutnya yang akan kami bahas yaitu cara kerja power steering tersebut. Pada dasarnya cara kerjanya sangat sederhan dan simple, dimana fluida berpindah dari satu sisi ke sisi lain yang akan menyebabkan pergeseran kedudukan gigi pada sistem roda gigi atau transmisi kemudi. Dan karena pergeseran inilah yang akan menggerakan roda ke arah kanan atau kiri sesuai keinginan pengemudi.

Dan yang sering menjadi pertanyaan para pemilik mobil? Terus bagaimana dengan mobil yang tidak dibekali dengan power stering namun ingin menggunakan power stering pada sistem kemudinya. Jawaban yaitu sobat tinggal memasang power stering yang sesuai dengan sistem kemudi mobil sobat. Ya mungkin untuk lebih jelasnya lagi sobat bisa langsung datang ke bengkel mobil untuk berkonsultasi terhadap mekanik mengenai masalah pemasangan komponen kemudi ini.

Mungkin itu saja yang bisa kami informasikan kepada sobat semuanya mengenai Jenis,Fungsi dan Cara Kerja Power Steering. Semoga dengan adanya ulasan artikel ini bisa menambah wawasan sobat mengenai komponen yang ada di mobil, jikalau sobat saat ini sedang ingin mengganti sebuah velg mobil dengan jenis racing. Baca ulasa artikel sebelumnya tentang Harga Velg Racing Mobil berbagai type dan merk.