logo

3 Penyebab Suspensi Mobil Keras dan Cara Mengatasinya Lengkap

Penyebab Suspensi Mobil Keras –┬áBicara mengenai kenyamanan berkendara dengan menggunakan mobil tentu banyak sekali faktornya, kualitas dan kondisi suspensi yang bagus merupakan salah satu faktor utama yang membuat mobil memberikan kenyamanan berkendara. Karena dengan kondisi suspensi yang bagus, mobil akan terasa stabil saat melaju diberbagai karakter jalanan baik itu di jalanan lurus, menikung ataupun menanjak. Dengan kesetabilan laju mobil inilah yang menjadi salah satu kenyamanan berkendara diperoleh.

Namun sebaliknya jika kondisi suspensi mobil tidak bagus tentu kenyamanan berkendara sangat kurang. Salah satu permasalahan suspensi pada mobil yang seringkali dikeluhkan oleh pemilik mobil yaitu suspensi mobil yang keras. Dan efek yang paling terasa jika kondisi suspensi mobil keras yaitu laju mobil yang tidak stabil khususnya pada saat di pacu kecepatan tinggi, hal ini dikarenakan sistem kejut pada suspensi tidak optimal sehingga laju mobil akan terasa limbung.

Penyebab Suspensi Mobil Keras

adversitemens

Kemudian untuk Penyebab Suspensi Mobil Keras banyak sekali faktornya, dari gaya mengemudi yang tidak teratur seperti mengendarai mobil dengan kecepatan yang kencang di jalan yang rata juga termasuk Penyebab Suspensi Mobil Keras atau Rusak. Selain itu kualitas suspensi yang sudah menurun karena waktu pemakaian yang lama juga termasuk Penyebab Suspensi Mobil Keras, biasanya suspensi yang sudah lama pasti kinerjanya akan menurun yang di indikasikan dengan kualitas suspensi yang keras.

3 Penyebab Suspensi Mobil Keras dan Cara Mengatasinya

Selain dua hal yang kami sebutkan diatas, ada 3 Penyebab Suspensi Mobil Keras yang membuat laju mobil tidak stabil. Penasaran ingin tahu apa saja Penyebab Suspensi Mobil Keras? Mari simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Masa Pakai Telah Habis

adversitemens

Penyebab Suspensi Mobil Keras pertama yaitu masa pakai yang sudah habis, ya mungkin faktor ini merupakan hukum alam yang sudah tidak bisa dihindari. Pada umumnya suspensi mobil yang sudah expaired, oli yang ada di dalam suspensi mobil akan habis atau bocor sehingga kualitas suspensi mobil menjadi keras. Untuk mengetahui oli suspensi mobil yang bocor, sobat bisa melihatnya pada dibagian suspensi apakah bocor atau tidak. Jika ada debu yang menempel dibadan suspensi, tidak menutup kemungkinan oli sudah bocor. Dan untuk mengatasi oli suspensi mobil yang bocor, sebaiknya mobil dibawa ke tempat bengkel khusus shockbeker.

Mobil Sering Melaju di Jalan Berlubang

Penyebab Suspensi Mobil Keras yang kedua yaitu karena seringnya mobil melaju di jalanan yang tidak rata alias berlubang. Mobil yang sering melewati jalanan yang berlubang alias tidak rata maka suspensi mobil akan bekerja lebih berat sehingga mempercepat masanya, khususnya untuk mobil sedan atau hatcback yang kualitas suspensinya tidak terlalu tangguh seperti mobil suv atau mpv. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya ketika melewati jalanan yang tidak rata laju mobil dalam keadaan pelan supaya suspensi bisa bekerja secara optimal.

Pemasangan Upper Mounting Tidak Tepat

Dan untuk Penyebab Suspensi Mobil Keras yang terakhir yaitu pemasangan upper mounting yang tidak pas atau tepat. Perlu diketahui jika pemasangan mounting tidak tepat, akibat yang dirasakan yaitu suspensi tidak bisa duduk sebagaimana mestinya. Jika kondisi tersebut dibiarkan maka kinerja suspensi akan melebihi batas, maka dari itu untuk mencegah suspensi mobil yang keras sobat perlu mengecek bagian upper mounting apakah sudah pas atau tidak.

Kurang lebihnya itu saja yang bisa kami informasikan kepada sobat semuanya terkait 3 Penyebab Suspensi Mobil Keras dan Cara Mengatasinya. Dan khusus kerusakan suspensi yang disebabkan oli bocor, sobat tidak perlu mengganti suspensi yang baru lebih baik dibawa ke bengkel mobil khusus suspensi saja. Dan untuk mengetahui apa saja komponen yang ada pada suspensi mobil sobat bisa membaca ulasan artikel sebelumnya yang sudah kami bahas secara lengkap.