logo

5 Penyebab Motor Matic Tidak Bertenaga Pada Saat Menanjak

Penyebab Motor Matic Tidak Bertenaga –┬áMemang tidak bisa dipungkiri, mengendarai motor matic sangat praktis. Karena kita hanya dituntut untuk menarik gas saja untuk menjalankannya tanpa harus kaki sibuk mengganti gigi transmisi. Selain itu rem yang berada ditangan juga memudahkan kita dalam mengendarai,mungkin secara lahiriah motor matic memang ditunjukan untuk kepraktisan berkendara yang sangat cocok digunakan untuk di daerah jalanan perkotaan yang mempunyai karakter lurus dan halus yang tidak membutuhkan dorongan tenaga yang besar.

Namun pembatasan penggunaan motor matic tentu tidak akan bisa, karena setiap orang mempunyai aktivitas masing masing yang mengharuskan mereka untuk melakukan perjalanan ditempat yang akan dituju. Mungkin jika aktivitas yang dilakukan hanya pada sekitar daerah perkotaan atau daerah dengan karakter jalanan yang rata mungkin hal tersebut tidak menjadi persoalan, akan tetapi jika kita dituntut untuk melakukan aktivitas di tempat dengan karakter jalanan yang menanjak seperti daerah pegunungan tentu hal ini menjadi persoalan tersendiri bagi pengguna motor matic.

penyebab motor matic tidak bertenaga

adversitemens

Mungkin sudah menjadi rahasia umum jika salah satu kelemahan motor matic yaitu kurang bertenaga di jalanan yang menanjak. Hal ini dikarenakan motor matic pada sistem transmisinya menggunakan v belt, tidak seperti motor manual yang menggunakan rantai dan gear sehingga tarikannya pun lebih bertenaga. Selain pada sistem transmisi, Penyebab Motor Matic Tidak Bertenaga pada saat melewati jalan yang menanjak yaitu ada beberapa komponen kinerjanya kurang optimal sehingga mengurangi tenaga yang dihasilkan.

Dan salah satu Penyebab Motor Matic Tidak Bertenaga yang mungkin jarang di sadari oleh banyak orang yaitu karena knalpot. Perlu diketahui, kotoran knalpot yang sudah penuh atau tebal juga bisa menjadi sebab Penyebab Motor Matic Tidak Bertenaga sehingga pada saat melaju di tanjakan terasa lonyo atau tarikannya kurang. Oleh karena itu agar performa motor matic selalu bertenaga, kiranya perlu dilakukan perawatan pada setiap 5-6 ribu kilometer dengan cara membersihkan kotoran yang ada di dalam kotoran.

5 Penyebab Motor Matic Tidak Bertenaga

Knalpot yang sudah kotor hanya salah satu Penyebab Motor Matic Tidak Bertenaga, sebab masih banyak faktor atau penyebab lainnya yang membuat motor matic loyo. Agar sobat lebih memahami apa saja Penyebab Motor Matic Tidak Bertenaga, silahkan ulasan lengkapnya dibawah ini.

adversitemens

Karburator Kotor

Khusus untuk motor matic yang masih menggunakan karburator, salah satu Penyebab Motor Matic Tidak Bertenaga yaitu karburator yang kotor. Sebagai komponen tempat pembakaran bahan bakar tentu fungsinya sangat penting dalam menghasilkan tenaga pada motor. Dan jika karburator kotor, pasti pembakaran yang dihasilkan kurang optimal sehingga mempengaruhi tenaga yang akan disalurkan pun menjadi loyo alias kurang bertenaga.

Jarum Skep Setelan Tidak Pas

Jika motor matic sobat tenaganya berkurang pada saat menanjak namun setelah di cek pada bagian karburatornya masih bagus dan tidak kotor. Mungkin sobat perlu mengecek pada pada bagian jarum skepnya, sebab Penyebab Motor Matic Tidak Bertenaga yang lainnya yaitu jaru skep setelan tidak pas. Jika memang tidak pas sebaiknya untuk melakukan setingan bawa ke bengkel yang lebih paham.

Filter Udara Kotor

Selain karburator yang kotor dan setelan jarum skep tidak pas, Penyebab Motor Matic Tidak Bertenaga yang selanjutnya yaitu filter udara yang kotor. Efek filter yang kotor akan menghalangi asupan udara ke ruang bakar sehingga bisa mengurangi tarikan mesin, untuk mengatasinya cukup membersihkan filter udara dengan komprosesor. Namun jika filter motor sudah berumur, lebih baik ganti dengan yang baru supaya hasilnya maksimal

Busi Sudah Tua

Penyebab Motor Matic Tidak Bertenaga yang ke empat yaitu busi yang sudah tua, perlu diketahui busi dengan umur yang sudah tua akan membuat performa motor berkurang. Hal ini dikarenakan percikan api tidak besar atau maksimal. Maka dari itu agar percikan api tetap besar perlu dibersihkan secara rutin, akan tetapi jika sudah dibersihkan namun percikan api tetap masih kecil silahkan pergi ke bengkel untuk membeli busi yang baru.

Kampas Kopling Tipis

Dan Penyebab Motor Matic Tidak Bertenaga yang terakhir yaitu kampas kopling yang tipis, sebagaimana yang kita ketahui bersama fungsi kampas kopling yaitu untuk menjaga gigi motor. Dan kampasnya sudah tipis tentu tidak akan bisa menjaga gigi motor dengan optimal, jika memang sudah tipis sebaiknya ganti dengan yang baru supaya tenaga yang dihasilkan lebih kuat.

Kurang lebihnya itu saja yang bisa kami jelaskan kepada anda semua terkait Penyebab Motor Matic Tidak Bertenaga. Selain beberapa faktor yang sudah kami sebutkan diatas, V Belt yang sudah tipis juga termasuk penyebab dari motor matic kurang bertenaga. Bahkan jika v belt sudah tipis, jangankan untuk melaju di jalan tanjakan untuk melaju dijalan yang rata juga kurang optimal. Dan untuk solusi untuk v belt matic yang tipis yaitu dengan membeli v belt yang baru. Dan berikut ini Daftar Harga V Belt Motor Matic Semua Merk yang bisa diketahui.