logo

5 Penyebab Motor Harus Turun Mesin dan Beberapa Tandanya

Penyebab Motor Harus Turun Mesin – Jika motor terus menerus digunakan dalam waktu yang lama, seiring berjalannya waktu komponen komponen yang ada pada mesin motor pun akan berkurang kinerjanya bahkan bisa mengalami kerusakan. Dan jika tingkat kerusakan sudah sangat kronis, solusi yang harus diambil untuk memulihkan kembali performa mesin motor harus membedah isi mesin atau yang sering disebut dengan turun mesin. Dimana pada proses ini bisa kita ketahui komponen apa saja yang mengalami kerusakan.

Dan tentu untuk Biaya Turun Mesin Motor ini tidaklah sedikit jika dibandingkan dengan biaya servise biasanya. Karena dalam proses pengerjaannya pun harus dengan orang yang berkompenten, belum lagi pergantian sparepate pada mesin juga termasuk faktor yang menyebabkan biaya turun mesin pada motor sangat mahal. Maka dari itu kita sebagai pemilik motor dituntut untuk merawat dan menjaga motor supaya tidak terjadi turun mesin pada motor kesayangannya.

Penyebab Motor Harus Turun Mesin

adversitemens

Dan kami rasa kalimat mencegah dari pada mengobati merupakan ungkapan yang sangat pas pada pembahasan kali ini. Karena pada waktu sekarang ini kami akan mencoba menjelaskan Penyebab Motor Harus Turun Mesin beserta tanda tandanya. Banyak Penyebab Motor Harus Turun Mesin yang harus kita waspadai agar motor kita selalu dalam keadaan sehat dan optimal. Dan kehabisan oli mesin atau telat ganti oli juga termasuk Penyebab Motor Harus Turun Mesin.

Selain itu cara menggunakan yang tidak sesuai dengan rekomendasi dari pabrik juga termasuk penyebab harus turunnya mesin motor. Jika sudah terjadi hal tersebut, maka yang akan dirugikan kita sendiri. Oleh karenanya untuk mencegah turun mesin pada motor kesayangannya, silahkan ketahui beberapa Penyebab Motor Harus Turun Mesin yang kami suguhkan dibawah ini.

Penyebab Motor Harus Turun Mesin

Air Radiator

adversitemens

Kami yakin bagi pemilik motor yang sudah dilengkapi dengan air radiator tidak terlalu memperdulikan komponen motor yang satu ini. Padahal peranan air radiator pada mesin motor sangatlah penting yaitu untuk menjaga mesin tetap dingin, karena jika mesin terlalu panas bisa membuat seher mesin akan mengunci dan akhirnya mesin harus diturunkan. Maka dari itu, kita harus selalu mengecek kondisi cairan air radiator.

Tune up mesin

Penyebab Motor Harus Turun Mesin yang kedua yaitu tune up mesin, kok tune up bisa menyebabkan turun mesin? Karena tune up atau bord up membuat mesin motor bekerja lebih ekstra atau cepat dengan cara menaikan cc sehingga komponen yang ada pada mesin kualitasnya cepat menurun. Maka dari itu jika sobat ingin melakukan tune up mesin, sebaiknya di pikirkan dulu secara matang.

Cara menggunakan motor

Dan mungkin Penyebab Motor Harus Turun Mesin yang banyak orang tidak memikirkannya yaitu cara menggunakan motor sendiri. Jika sobat pernah melihat anak muda yang mengendarai motor dengan cara menggeber geberkan gas, sebaiknya gaya bermotor seperti sangat dihindari. Sebab dengan gaya berkendara seperti akan membuat part atau komponen mesin motor akan cepat haus.

Tidak pernah Service besar

Mungkin untuk melakukan servise secara rutin seringkali kita lakukan namun untuk masalah service besar mungkin ini yang sangat jarang dilakukan. Padahal anjuran melakukan servise besar merupakan anjuran dari pabrikan motor meskipun dilakukan minimal setahun sekali. Tujuan dari servise besar ini yaitu menghilangkan atau membersihkan kerak yang sudah menumpuk pada komponen pembakaran.

Kehabisan oli mesin

Dan Penyebab Motor Harus Turun Mesin yang sangat sering dialami yaitu karena motor kehabisan oli mesin. Padahal komponen di dalam mesin akan bekerja dengan baik jika terdapat oli, karena fungsi oli ini sebagai pelumas part mesin dalam beroperasi.

Itulah 5 Penyebab Motor Harus Turun Mesin yang bisa sobat ketahui dan antisipasi, kemudian untuk mengantisipasi lebih aman lagi. Silahkan sobat juga membaca Tanda Tanda Motor Harus Turun Mesin yang sudah kami rangkum secara lengkap dibawah ini.

Tanda Tanda Motor Harus Turun Mesin

Mesin tidak bertenaga

Tanda Motor Harus Turun Mesin yang pertama yaitu tidak adanya tenaga, hal ini dikarenakan ring seher atau seher yang sudah haus. Blok sudah baret juga termasuk penyebab dari problem ini sebab kompresi motor bocor alias ngempos.

Suara mesin Kasar

Tanda Motor Harus Turun Mesin yang kedua yaitu mesin yang kasar, hal ini dikarenakan pada mesin sudah tidak tersedia oli sehingga part mesin tidak ada pelumasnya.

Motor susah nyala

Selain mesin tak bertenaga dan suara mesin kasar, Tanda Motor Harus Turun Mesin yang lainnya yaiu motor susah nyala. Hal ini disebabkan oli mesin naik pada ruang pembakaran sehingga busi basah sebab sudah tercampur oli.

Motor berasap putih

Untuk Tanda Motor Harus Turun Mesin yang terakhir ini biasanya di alami oleh jenis motor 4 tak. Penyebabnya yaitu oli masuk ke dalam ruang pembakaran, jika sudah terjadi hal tersebut segeralah bongkar mesin motor dan cari part yang mengalami kerusakan.

Kurang lebihnya itu saja yang bisa kami berikan kepada sobat semua mengenai Penyebab Motor Harus Turun Mesin dan Beberapa Tandanya, semoga dengan adanya informasi ini motor kesayangannya sobat tidak mengalami turun mesin. Karena jika sampai turun mesin, tentu biaya turun mesin yang harus dikeluarkan sangat banyak. Jangan lupa baca juga Cara Mengetahui Kiprok Rusak dan Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap.