logo

5 Motor Matic Paling Irit Bahan Bakar dan Spesifikasi Lengkapnya

5 Motor Matic Paling Irit Bahan Bakar – Semenjak dikembangkannya teknologi terbaru fuel injection pada sistem bahan bakar sepeda motor matic, hampir semua produsen motor mempromosikan produk motor matic buatannya yang memiliki konsumsi bahan bakar paling irit. Ya mungkin hal tersebut adalah sebuah strategi pemasaran dari produsen motor untuk menarik perhatian masyarakat agar motor buatannya laris manis dipasaran.

Namun bagi masyarakat sendiri, promosi yang dilakukan oleh para produsen yang mengklaim bahwa motor buatannya paling irit, terkadang membuat masyarakat merasa bingung ketika ingin membeli motor matic. Sebagaiamana yang kita ketahui bersama, bahwa jumlah motor matic yang ada dipasar Indonesia sangatlah banyak. Dan jika mengecek satu persatu, pasti akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui motor matic paling irit yang ada dipasar Indonesia.

5 Motor Matic Paling Irit Bahan Bakar

Maka dari itu untuk menghilangkan rasa bingung masyarakat dalam membeli motor matic paling irit bbm, kami akan merekomendasikan 5 Motor Matic Paling Irit Bahan Bakar yang sudah dilakukan pengetesan terhadap konsumsi bahan bakarnya. Berikut ini Daftar 5 Motor Matic Paling Irit Bahan Bakar yang bisa anda beli.

adversitemens

Honda Vario 150 Esp (52.9 km/L)

Motor Vario 150 Esp merupakan motor matic paling irit yang ada di Indonesia yang menduduki peringkat pertama, dibekali dengan mesin berkapasitas 150cc tidak membuat motor matic honda ini boros bahan bakar. Iritnya bbm pada motor ini, tidak lain tidak bukan karena di dukungnya sistem bahan bakar pada motor ini dengan menggunakan teknologi PGM-FI. Adanya teknologi tersebut, Honda Vario 150 Esp ini mampu melaju sejauh 52.9 km hanya dengan 1 km saja, snagati irit bukan? Berarti hanya dengan 2 liter saja, pengendara bisa menempuh jarak sejauh 104 KM.

Honda Vario 150 Esp

adversitemens

Terus bagaiamana dengan performanya? Meskipun motor ini sangat irit bahan bakar,namun untuk urusan performanya tidak berkurang sama sekali. Dengan dibenamkannya mesin 4 langkah SOHC dengan kapasitas 150 cc, motor vario terbaru ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 9,3 kW / 8.500 rpm dengan dukungan torsi 12,8 N.m / 5.000 rpm. Kelebihan Honda Vario 150 Esp juga dibekali dengan fitur Idling Stop System yang berfungsiuntuk mematikan mesin secara otomatis lalu kembali hidup dengan hitungan detik saja.

Honda Scoopy Esp (61,9 km/L)

Motor matic paling irit bbm selanjutnya masih produk motor dari pabrikan honda yaitu Honda Scoopy Esp. Motor matic honda yang memiliki desain yang unik dan klasik ini, dibekali dengan mesin sebesar 108,2 cc. Lalu untuk kompresi bahan bakarnya, motor ini mampu melaju sejauh 61.9 km hanya dengan 1 liter saja. Tentunya motor ini lebih irit dibandingkan dengan kakaknya yaitu Vario 150 Esp. Konsumsi bbm yang irit pada motor matic ini, tidak lepas dari teknologi Enhanced Smart Power yang bisa meningkatkan kehematan konsumsi bahan bakar.

Honda Scoopy Esp

Selain konsumsi bbm yang irit, Kelebihan Honda Scoopy Esp yang lainnya yaitu telah dilengkapinya teknologi ISS dan CBS yang mampu mengurangi emisi gas buang, sehingga motor matic honda ini sangat ramah lingkungan. Sedangkan untuk performa yang dihasilkan dari mesin motor ini yakni 9.1 N.m / 6.000 rpm untuk maksimal torsinya dan 8,7 PS / 7.500 rpm power maksimalnya. Dan untuk bisa membawa pulang motor ini, anda harus menebus Harga Honda Scoopy Esp sebesar Rp 16.650.000
untuk varian Scoopy eSP Sporty dan Rp 16.650.000 untuk eSP Stylish.

Yamaha Mio M3 125 Blue Core (60.3 km/L)

Untuk motor matic paling irit bbm ketiga yang kami rekomendasikan kepada sobat yaitu Yamaha Mio M3 125 Blue Core yang merupakan varian terbaru dari yamaha mio yang dibekali dengan teknologi Blue Core sehingga motor ini sangat efesien konsumsi bbmnya. Dengan konsumsi 1 liter bbm, Mio M3 125 Blue Core ini mampu menempuh jarak sejauh 60.3 km. Meski irit bbm, bukan berarti performanya pun ikut irit. Tetap saja untuk performa yang dihasilkan mencapai 7,0 kW / 8000 rpm dengan torsi 9,6 Nm / 5500 rpm.

Yamaha Mio M3 125 Blue Core

Kelebihan Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini tidak hanya pada konsumsi bbm yang irit dan performa yang unggul saja, melainkan juga pada tampilan motor yang begitu futuristik dan modern yang membuat tongkrongan pengggunanya terlebih kece. Lalu untuk Harga Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini pun sangat terjangkau yaitu sebesar Rp 14.700.000, lebih murah dibandingkan dengan Harga Honda Scoopy Esp yang hanya dibekali dengan mesin 108 cc saja.

Suzuki Nex Super Fi (82.6 km/L)

Tidak hanya Honda dan Yamaha saja yang memiliki motor matic paling irit bbm, namun pabrikan suzuki juga memiliki motor yang irit bahan bakar yaitu Suzuki Nex Super Fi. Sama halnya dengan motor matic paling irit yang sudah dibahas diatas, motor matic suzuki ini juga mengandalkan teknologi Fuel Injection untuk sistem bahan bakarnya sehingga motor ini mampu menekan konsumsi bbm lebih efesien. Di sokong dengan mesin 113 cc, matic suzuki ini bisa berjalan sejauh 82.6 km hanya dengan 1 liter.

Motor Matic Paling Irit

Dengan kompresi bahan bakar tersebut, Suzuki Nex Super Fi lebih irit dibandingkan Yamaha Mio M3 125 Blue Core,Honda Scoopy Esp dan Honda Scoopy Esp. Meski begitu, untuk performa mesin pada motor ini tetap optimal. Suzuki Nex Super Fi bisa mengeluarkan tenaga maksimal 9.4 PS / 8800 rpm dan maksimal torsi 8,7N-m/ 6500 rpm. Sedangkan untuk Harga Suzuki Nex Super Fi ini juga lebih murah dibandingkan dengan ketiga matic yang kami sebutkan diatas, karena motor ini hanya dibandrol Rp 12.650.000

Honda BeAT eSP (73.5 km/L)

Dan untuk motor matic paling irit bbm terakhir yaitu Honda BeAT eSP, matic honda ini pernah mendapatkan gelar sebagai motor matic paling rit dikelas 110 – 115 cc pada ajang Otomotif Award pada tahun 2009, sebab konsumsi bbm pada motor ini 1 liter bisa menempuh jarak sejauh 73.5 km. Ya efesiensi konsumsi bbm pada motor ini tidak lepas dari telah disematkannya teknologi PGM-FI pada sistem bahan bakarnya. Kemudian untuk performanya, tidak seirit bahan bakarnya. Pasalnya motor ini bisa melaju dikecepatan 6.38 kW / 7.500 rpm dengan torsi 9,01 Nm / 6.500 rpm.

Honda BeAT eSP

Kelebihan Honda BeAT eSP juga terletak pada lengkapnya fitur yang dibawanya, diantaranya fitur keamanan dan keselamatan yang lengkap sehingga tidak heran jika motor ini menjadi motor matic paling laris yang ada di Indonesia. Pabrikan Honda juga melahirkan motor terbarunya tersebut dengan beberapa varian yang diantaranya BeAT POP eSP,ISS,CBS dan CW sehingga untuk Harga Honda BeAT eSP dibandrol dari 14.700.000 – Rp 15.200.000.

Itulah 5 Motor Matic Paling Irit Bahan Bakar yang sangat kami rekomendasikan untuk sobat jika ingin membeli motor matic dengan konsumsi bbm yang irit. Dari ke 5 motor matic paling irit bbm yang disuguhkan diatas, menurut kami motor matic paling irit yang ada di Indonesia yaitu Suzuki Nex Super Fi, terlepas dari Honda BeAT eSP pernah mendapatkan nominasi sebagi motor matic paling irit pada kelas 110cc. Namun jika melihat perbandingan datanya, yang paling irit Suzuki Nex Super Fi yang konsumsi bbmnya 82.6 km/L.