logo

Tips Membuat Lampu Sein Motor Berkedip Lebih Cepat Ala Bus

Membuat Lampu Sein Motor Berkedip Lebih Cepat –┬áPerkembangan dunia modifikasi dari tahun ke tahun selalu berubah rubah, jika dalam beberapa waktu tahun yang lalu dunia modifikasi tanah air hits dengan penggunaan klakson motor variasi dengan berbagai suara dan penggunaan lampu variasi pada bagian bawah motor supaya terlihat glow. Dan untuk gaya modifikasi yang saat ini sedang populer dan digandrungi penyuka modifikasi yaitu dengan membuat lampu sein motor berkedip lebih cepat.

Usut punya usut, maraknya pemilik motor melakukan custom pada bagian lampu sein agar berkedip lebih cepat di dasari dari tenarnya video bis malam yang mempunyai lampu sein dengan kedipan yang sangat cepat. Ternyata hal tersebut menjadi daya tarik sendiri bagi para penyuka modifikasi tanah air, sehingga banyak sekali para pemilik motor yang mencari tahu cara membuat lampu sein motor berkedip lebih cepat agar seperti bus malam.

Sebenarnya cara membuat lampu sein motor berkedip lebih cepat itu cukup mudah, kita hanya memerlukan beberapa alat dan memodifikasi pada bagian flashernya saja. Namun supaya dalam pengerjaan sobat tidak bingung, kami ingin menjelaskan sedikit mengenai cara kerja flasher ini. Dalam merangkai flasher pasangkan secara seri antara sirkuit dan baterai lampu lampu sein.

adversitemens

Membuat Lampu Sein Motor Berkedip Lebih Cepat

Jika flasher tersebut mengalir arus DC maka secara otomatis kumparan tersebut akan menjadi magnet yang bisa menarik dan memutuskan pelatuk saklar tersebut. Untuk waktu On atau Off pelatuk di tentukan dari kapasitor yang digunakan dan inlah kunciny untuk membuat lampu sein motor berkedip lebih cepat. Untuk lebih jelasnya lihat studi kasusunya dibawah ini.

Untuk studi kasus kami praktekan pada Honda Vario 110 FI,flasher standard pada Vario 110 FI ini yaitu 1700 uF/12 V. Dan untuk membuat lampu sein motor berkedip lebih cepat maka gantilah ukuran flasher standar dengan ukuran yang kecil, kebetulan flasher yang diganti dengan ukuran 1000 uF/16V. Dengan pergantian flasher tersebut maka pelatuk tarik akan lebih cepat dan efek pada lampu sein berkedip lebih cepat dari biasanya.

adversitemens

Tips Membuat Lampu Sein Motor Berkedip Lebih Cepat Ala Bus

Itu hanya studi kasusnya saja, untuk membantu anda dalam mengubah lampu sein lebih cepat. Kami akan memberikan langkah dan cara pengerjaannya. Sebelum melakukan tahap pengerjaan, siapkan alat alat yang tercantum dibawah ini.

Alat Yang Dibutuhkan

  1. Obeng minus
  2. Kapasitor Elektrolit 1000uF (mikro Farad)/12 V
  3. Memiliki kemampuan dasar elektronika dan penyolderan komponen
  4. Timah dan solder

Praktek Kerja

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mencari tempat flasher, pada umumnya flasher ini berada pada bodi depan atau lebih tepatnya di belakang speedometer.
  2. Jika sudah ketemu, buka semua body motor depan lalu cabut flasher yang biasanya berbentuk kotak hitam.
  3. Lalu buka chasing flasher dengan menggunakan obeng minus yang sudah di siapkan.
  4. Pada flasher terdapat empat komponen yang terdiri dari Kapasitor, Resistor, Pelatuk dan kumparan kawat yang bertugas sebagai magnet penarik pelatuk saklar.
  5. Langkah selanjutnya dengan melepaskan kapasitor dengan cara menyolder timah yang terhubung dengan komponen lainnya.
  6. Kemudian pasang kapasitor pengganti yang sudah disediakan pada tempat kapasitor lama. Namun yang sangat perlu diperhatikan polaritas kapasitor pada kaki minus dan kaki plusnya.
  7. Jika sudah berarti pengerjaan untuk membuat lampu sein motor berkedip lebih cepat sudah selesai.

Itulah cara membuat lampu sein motor berkedip lebih cepat yang bisa dilakukan, mungkin bagi mereka yang sudah paham dunia elektro sangatlah mudah untuk melakukannya. Namun untuk anda yang awam dengan dunia elektro, akan sedikit kesulitan tapi jika anda mengikuti petunjuk diatas pasti bisa.

Dan informasi tambahan saja, cara membuat lampu sein motor berkedip lebih cepat yang kami bahas diatas berlaku hanya untuk flasher tipe mekanis saja. Jadi untuk motor anda yang menggunakan flasher dengan tipe elektronik tidak bisa dengan cara diatas. Dan jika ingin mengetahui lebih banyak tips otomotif, baca juga Cara Mengatasi Komstir Rusak dan Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras.