logo

Inilah Kode Touring Sepeda Motor Yang Perlu Diketahui Bikers

Kode Touring Sepeda Motor – Bagi sobat yang mempunyai hoby berkendara secara bersama sama dengan club motor atau biasa disebut dengan touring, kami rasa membaca ulasan artikel yang akan kami bahas pada kesempatan ini merupakan hal yang sangat tepat untuk menambah wawasan sobat dalam hal melakukan kegiatan touring. Karena sekarang ini otosite.net akan membahas mengenai Kode Touring Sepeda Motor yang perlu diketahui oleh para penyuka touring.

Apa sih sebenarnya Kode Touring Sepeda Motor ini? Kode Touring Sepeda Motor merupakan bahasa isyarat atau tanda bagi pemimpin touring untuk memberitahukan keadaan disekitar jalan terhadap para anggotanya yang berada dibelakang. Dengan adanya Kode Touring Sepeda Motor tentu pemimpin touring akan lebih mudah mengatur atau mengkordinasi para anggotanya dalam melakukan perjalanan touring yang benar.

Kode touring sepeda motor

adversitemens

Tidak bisa dibayangkan jika perjalanan touring dengan jumlah anggota yang banyak tidak diatur atau dikordinasi pasti akan sangat acak acakan dalam berkendara dan pastinya akan mengganggu pengguna jalan lainnya. Maka dari itu para penyuka touring, kami rasa perlu mengetahui Kode Touring Sepeda Motor agar dalam menyalurkan hobinya bisa lebih aman, nyaman dan pastinya tidak mengganggu para pengguna jalan lainnya.

11 Kode Touring Sepeda Motor Yang Perlu Diketahui

Adapun Tujuan Kode Touring Sepeda Motor yang harus dipahami yaitu supaya safety riding alias keselamatan berkendara. Kemudian untuk Kode Touring Sepeda Motor yang perlu dipahami yaitu ada 11, lebih jelasnya berikut ini 11 Kode Touring Sepeda Motor yang perlu sobat pahami dan ketahui.

Jari Telunjuk di Putar atau dimainkan

adversitemens

Jari Telunjuk di Putar atau dimainkan

Kode Touring Sepeda Motor pertama yaitu star mesin dengan kode tangan kanan di angkat lalu jari telunjuk di putar putar atau dimainkan. Jika melihat pemimpin touring melakukan hal tersebut berarti bikers harus mulai menyalakan mesin motornya. Dan jika semua anggota sudah ready, bikers yang paling belakang harus membunyikan klakson untuk memberikan info kepada pemimpin anggota sudah siap dan biasanya pemimpin touring akan mengancungkan jempol.

Tangan kiri dibuka dan di angkat setinggi pundak

Telapak tangan yang kiri dibuk

Kode Touring Sepeda Motor Tangan kiri dibuka dan di angkat setinggi pundak memberitahukan atau menginformasikan kepada anggota atau rombongan kalau akan akan mengarah ke kiri.

Tangan Kiri Dibuka lalu diangkat sampai posisi diatas helm

Telapak tangan kiri dibuka diatas helm

Jika bahasa tubuh Tangan Kiri Dibuka lalu diangkat sampai posisi diatas helm berarti mengisyaratkan bahwa rombongan harus belok ke kanan. Biasanya gerakan tersebut akan di ulang ulang agar rombongan bisa mengetahuinya.

Tangan kiri mengarah ke bawah sambil membuka jari telunjuk

Telunjuk mengarah ke bawah

Untuk kode touring Tangan kiri mengarah ke bawah sambil membuka jari telunjuk berarti ada bahaya disisi kiri. Biasanya pemimpin touring melakukan hal tersebut jika ada lubang pada jalan sehingga dapat membahayakan pengendara yang lainnya.

Kaki sebelah kanan turun ke bawah

Kaki kanan mengarah ke bawah

Kemudian untuk bahasa isyarat touring Kaki sebelah kanan turun ke bawah berarti ada bahaya disebalah kanan. Biasanya hal tersebut dilakukan jika posisi jalan tidak memungkinkan, namun jika keadaan jalan memungkinkan biasanya menggunakan tangan kanan digerakan ke bawah.

Tangan kiri di angkat ke atas lalu menunjukan jari ke depan

Tambah kecepatan

Kode Touring Sepeda Motor dengan Tangan kiri di angkat ke atas lalu menunjukan jari ke depan berarti pemimpin touring memerintahkan untuk menambah kecepatan pada anggotanya. Biasanya pemimpin melakukan hal tersebut pada saat jalan kosong dan bagus.

Telapak tangan kiri dianyunkan atau di mainkan secara perlahan

kurangi kecepatan

Untuk bahasa isyarat touring yang ada diatas berarti mengintrusikan anggota untuk mengurangi kecepatan pada sepeda motor. Biasanya kode tersebut di lakukan jika rombongan akan melewati tikungan ataupun kondisi jalan yang rame.

Telapak tangan kiri mengepal lalu diarahkan dari bawah ke atas

rapatkan barisan

Bahasa isyarat touring yang diatas berarti rombongan touring disuruh untuk merapatkan barisan. Kode ini biasanya dilakukan jika ada bahaya yang lainnya atau red traffic light.

Tangan kiri diangkat lalu memberikan dua jari atau angka 2

buat dua baris

Dan untuk Kode Touring Sepeda Motor dengan memberikan dua jari berarti rombongan di perintahkan untuk melakukan dua baris dengan syarat kecepatan motor tidak terlalu tinggi alias rendah.

Tangan kiri di lingkarkan ke atas helm lalu membuka telapak tangan

buat satu baris

Jika melihat pemimpin touring melakukan hal tersebut berati bikers disuruh membuat formasi dengan 1 baris. Hal tersebut biasanya dilakukan jika formasi berkendara sebelumnya dua baris.

Tangan kiri di arahkan ke bawah lalu telapak tangan dibuka dengan arah ke bawah

stop berhenti

Dan untuk Kode Touring Sepeda Motor yang terakhir yaitu mengisyaratkan motor harus berhenti atau stop. Kode tersebut biasanya akan dilakukan secara berkali kali agar anggota lebih jelas.

Mungkin itu saja yang bisa kami informasikan kepada sobat semua terkait Kode Touring Sepeda Motor, semoga saja dengan adanya ulasan informasi ini sobat lebih memahami bahasa isyarat dalam melakukan touring dan yang terpenting dengan memahami kode touring diatas sobat bisa meningkatkan keamanan berkendara. Baca juga Penyebab Motor Harus Turun Mesin dan Cara Mengetahui Kiprok Rusak.