logo

Kekurangan dan Kelebihan Nissan X-Trail Tahun 2000-2007

Adversitements

Kekurangan dan Kelebihan Nissan X-Trail – Jika berbicara mengenai mobil crosover atau suv yang populer di Indonesia, Nissan X-Trail merupakan salah satu mobil jenis crosover yang memiliki popularitas yang cukup baik di bursa pasar dalam negri. Kepopuleran mobil ini dibuktikan dengan lamanya waktu produksi dari mobil ini serta melihat angka penjualan dari mobil ini yang menurut data dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Mobil Nissan X-Trail sendiri merupakan mobil SUV pertama yang dibuat oleh pabrikan mobil yang berasal dari jepang yakni Nissan, dibuatnya mobil ini tidak lepas dari survey pasar yang pada saat itu menunjukan bahwa mobil jenis suv paling banyak diminati. Uniknya pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001, mobil suv nissan ini dikeluarkan berbarengan dengan para kompetitornya seperti Honda CR-V, Suzuki Grand Vitara dan Hyundai Tucson. Dan hingga saat ini, beberapa mobil tersebut terus bersaing untuk menjadi pemenang di pasar mobil suv dalam negri, agar selalu menjadi pemenang pabrikan nissan selalu melakukan beberapa perubahan dan inovasi pada mobil andalannya dipasar mobil suv ini.

Kelebihan Nissan X-Trail

adversitemens

Dari pertama kali dikeluarkan pada tahun 2000 hingga sekarang ini, pabrikan Nissan telah mengeluarkan mobil Nissan X-Trail dengan 3 generasi. Dimana untuk Nissan X-Trail generasi pertama sering disebut dengan Nissan X-Trail Classic yang dikeluarkan pada tahun 2000-2007, kemudian untuk Nissan X-Trail generasi kedua dikeluarkan pada tahun  200-2013 yang disebut dengan Nissan C platform. Dan untuk generasi ketiga sering disebut dengan Nissan Rogue atau All New Nissan X-Trail yang dikeluarkan pada tahun 2013 hingga sekarang. Ada beberapa perubahan yang terjadi dari setiap generasinya terutama pada bagian eksteriornya. Namun untuk yang akan kami bahas pada kesempatan ini, hanya untuk Nissan X-Trail generasi pertama. Dimana yang akan kami bahas yaitu mengenai Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail.

Nissan X-Trail generasi pertama atau yang sering disebut dengan Nissan X-Trail Classic ini dikeluarkan pada tahun 2000-2007, dimana pertama kali dikenalkan pada acara Paris Motor Show. Meski dikeluarkan pada tahun 2000 an namun untuk di Indonesia mobil ini baru masuk pada tahun 2001, kehadiran mobil ini dipasar dalam negri pada saat itu cukup banyak dinantikan oleh masyarakat. Pasalnya mobil ini membawa tampilan yang sangat sporty dan gagah, ya kesan gagah pada mobil ini bisa sobat lihat pada gambar Nissan X-Trail yang ada diatas yang dibalut desain bodi yang sangat maco lanyaknya mobil suv lainnya.

Nissan X-Trail Tahun 2000-2007

adversitemens

Kekurangan dan Kelebihan Nissan X-Trail

Selain menawarkan tampilan yang sporty dan gagah, Kelebihan Nissan X-Trail lain yang ditawarkan kepada masyarakat Indonesia yaitu mengenai performanya yang sangat tangguh. Tidak tanggung tanggung untuk memberikan kebutuhan berkendara yang tangguh, pabrikan nissan menyajikan mobil ini dengan 3 varian mesin yang berbeda yakni mesin 2.0L QR20DE 140 hp (104 kW) I4, Mesin 2.2L YD22DDTi 136 bhp I4 dan 2.5L QR25DE165 hp (133 kW) I4 untuk varin bensinnya. Sedangkan untuk varian dieselnya yaitu 2.0L SR20VET 280 hp (206 kW) I4 Diesel, namun yang digunakan di Indonesia hanya mesin 2.0L QR20DE 140 hp (104 kW) I4 saja.Dan yang perlu sobat ingat meski mobil ini menawarkan berbagai kelebihan namun mobil ini juga mempunyai kekurangan. Ingin tahu Kekurangan dan Kelebihan Nissan X-Trail? Mari simak ulasannya dibawah ini.

Kekurangan Nissan X-Trail

Sebelum kami membahas secara jelas mengenai Kelebihan Nissan X-Trail , kami ingin membahas kekurangannya terlebih dahulu. Kekurangan Nissan X-Trail  menurut banyak orang yaitu tampilannya yang cukup norak karena desain bodi yang ada pada mobil ini masih terlihat kaku dan masih belum menggunakan desain yang stylish.  Berbeda dengan generasi x trail keluaran sekarang yang sudah dibalut dengan desain yang modern dan sporty tanpa mengurangi kesan gagah dan tangguh.

Kekurangan Nissan X-Trail  yang selanjutnya yakni pada penggunaan material yang cukup murahan, hal ini bisa dilihat dari tampilannya yang terlihat standard jauh dari kata mewah. Selain penggunaan bahan material yang murahan, kekurangan lain pada bagian interiornya yaitu kualitas AC yang kurang dingin. Jika sobat pernah berkendara dengan mobil ini pasti sobat pernah merasakan kesejukan yang dikeluarkan oleh AC pada mobil ini. Letak Instrumen cluster yang berada ditengah juga mengurangi kesan yang rapi pada mobil ini.

Kemudian Kekurangan Nissan X-Trail yang perlu sobat ketahui apabila ingin membeli mobil ini yaitu pada bagian suspensinya, banyak orang yang menggunakan mobil ini mengatakan bahwa handling pada mobil ini kurang sempurna atau empuk. Pastinya dengan handling yang kurang presisi pastinya akan mengurangi kenyamanan saat mobil ini dipacu pada kecepatan yang tinggi.

Sedangkan Kekurangan Nissan X-Trail yang terakhir yang sering dikeluhkan oleh pengemudi yaitu sering limbung atau kurang stabil saat mobil ini di ajak untuk berakselerasi. Ya mungkin hal ini dikarenakan karena handling yang kurang presisi atau penggunaan suspensi yang kurang pas bisa saja.

Kelebihan Nissan X-Trail

Setelah membahas kekurangannya, sekarang kami ajak sobat untuk melihat kelebihan yang ada pada mobil Nissan X-Trail. Kelebihan Nissan X-Trail yang dapat langsung dirasakan oleh sobat ketika mengendarai mobil ini yaitu area pandang yang sangat luas. Dengan area pandang yang luas otomotis memberikan kenyamanan kepada pengemudi saat mengendarai mobil ini.

Selanjutnya Kelebihan Nissan X-Trail yang lainnya yaitu mesin dan kaki kaki yang tangguh, ya memang sudah menjadi rahasia umum dengan dibekali mesin 1,998cc QR20DE dan QR25DE 2,488cc I4 bensin mobil ini termasuk salah satu mobil suv yang memliki performa yang tangguh. Untuk mesin type 2000cc nya mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 150 HP @ 6.000 RPM dengan puncak torsi sebesar 200Nm @ 4.000 RPM. Dengan performa tersebut, mobil suv ini mampu melaju diberbagai karakter jalan yang ada di Indonesia.

Belum lagi dengan kelebihan pada suspensi yang empuk membuat mobil ini memiliki handling yang sangat sempurna dan nyaman saat di ajak untuk berakselerasi dengan kecepatan yang tinggi. Kelebihan Nissan X-Trail yang lainnya yaitu konsumsi bahan bakar yang cukup irit meskipun mobil ini mempunyai performa yang gahar dan cepat. Konsumsi bahan bakar yang irit pada mobil ini, bisa dilihat dari kompresi bahan bakar mobil ini untuk perjalanan dalam kota hanya membutuhkan satu liter untuk menempuh jarak 7-9 km. Sedangkan untuk perjalanan luar kota hanya membutuhkan satu liter untuk menempuh jarak 10-12km.

Dan Kelebihan Nissan X-Trail selanjutnya yang paling menarik yaitu biaya perawatannya yang tergolong murah di bandingkan dengan rivalnya. Tentunya dengan perawatan yang murah tidak terlalu membebani pemilik mobil ini jika sering melakukan perawatan agar mobil ini tetap baik. Sementara untuk kebutuhan membawa barang bawaan dengan jumlah yang banyak, Nissan X-Trail juga mempunyai ruang bagasi yang sangat luas yang memungkinkan sobat untuk membawa barang bawaan dengan jumlah yang sangat banyak.

Kekurangan Nissan X-Trail Kelebihan Nissan X-Trail
Desain Bodi Yang Kurang Kekinian Kaki Kaki Sangat Tangguh
Performa Handling Kurang Persisi Performa Mesin Gahar
AC Kurang Dingin Akselerasi Bagus
Sering Goyang Pada Kecepatan Tinggi Area Pandang Sangat Luas dan Nyaman
Sistem Transmisi Cukup Ketinggalan Konsumsi Bahan Bakar Irit
Penggunaan Material  Interior Murah Biaya Perawatan Mobil Cukup Murah
Bahan Bakar Harus Beroktan Tinggi Memiliki Bagasi Yang Luas

Itulah pembahasan Kekurangan dan Kelebihan Nissan X-Trail yang bisa kami informasikan kepada sobat sekalian, rasanya tidak afdol dan lengkap jika sobat hanya mengetahui Kekurangan dan Kelebihan Nissan X-Trail tanpa mengetahui spesifikasi mobil ini. Dan untuk mengetahui Spesifikasi Nissan X-Trail, silahkan lihat dibawah ini.

Spesifikasi  Nissan X-Trail

Dimensi
Panjang 4,511 mm
Lebar 1,758 mm
Tinggi 1,750 mm
Jarak sumbu roda 2,624 mm
Sasis
Suspensi Belakang strut Link paralel
Suspensi Depan McPherson strut
Sistem Rem Belakang
Sistem Rem Depan
Ukuran Ban
Mesin
Jenis Mesin QR20DE dan QR25DE
Isi Silinder 1,998cc & 2,488cc I4 bensin
Bahan Bakar Premium/ Pertamax
Konsumsi bahan bakar 10-12km / L (luar kota),7-9km / L (dalam kota)
Transmisi 4-speed otomatis
Torsi Maksimum 245 Nm @ 4.000 RPM (2,5), 200Nm @ 4.000 RPM (2,0)
Daya Maksimum 180 HP @ 6.000 RPM (2,5),150 HP @ 6.000 RPM (2,0)
Bahan Bakar Bensin

Info Spesifikasi Nissan X-Trail yang ada diats bisa jadi acuan sobat apabila ingin membeli mobil suv dari nissan. Kemudian untuk Harga Nissan X-Trail sekarang dibandrol dengan sangat variasi tergantung kondisi dan asal daerah mobil tersebut. Untuk wilayah Jakarta mobil ini dibandrol 90juta hingga 120 jutaan untuk keluaran mobil tahun 2006. Kemungkinan untuk Harga Nissan X-Trail untuk keluaran tahun 2006 ke atas lebih mahal kurang lebih 10 sampai 15 juta dari harga yang kami sebutkan. Dan sebagai informasi tambahan saja, pada masanya mobil ini memiliki saingan dari mobil suv pabrikan suzuki yaitu Mobil Suzuki Escudo.