logo

6 Fitur Keselamatan Pada Mobil Yang Wajib Diketahui Pemilik Mobil

Fitur Keselamatan Pada Mobil –┬áSelain kenyamanan berkendara, salah satu point yang serius dikembangkan oleh produsen mobil pada saat membangun mobil terbarunya yaitu faktor keamanan berkendara. Bisa dikatakan sebagus bagusnya sebuah mobil tidak akan berarti jika tidak di dukung fitur keselamatan yang lengkap. Sebab sekarang ini fitur keselamatan merupakan prioritas utama yang selalu di pertimbangkan banyak orang ketika ingin membeli sebuah mobil.

Jadi untuk anda yang berencana ingin membeli sebuah mobil kiranya anda perlu mengecek kelangkapan fitur keselamatan pada mobil yang akan dibeli. Karena dengan adanya fitur keselamatan akan membuat keselamatan berkendara anda akan lebih aman, selain memberi perlindungan pada diri sendiri, penumpang dan pengendara lainnya juga akan merasakan keamanan yang sama.

Fitur Keselamatan Pada Mobil Yang Wajib Diketahui

Dan sekarang ini, kurang lebih ada 6 fitur keselamatan pada mobil yang sudah berhasil dibuat dan dikembangkan diantaranya ABS, ESC, AEB dan masih banyak yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat ulasan 7 Fitur Keselamatan Pada Mobil yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam melindungi keselamatan berkendara.

adversitemens

Airbag

Fitur keselamatan pada mobil yang paling penting harus diketahui yaitu Airbag. Apa itu fitur airbag? Airbag merupakan kantong udara yang biasanya ditaruh pada bagian depan antara dashboard dan lingkar kemudi. Fungsi airbag yaitu untuk menahan benturan pada pengemudi dan penumpang pada saat mobil terjadi benturan keras pada bagian depan.

Fitur keselamatan pada mobil

adversitemens

Airbag bekerja dengan mengembangkan kantong udara secara otomatis jika terjadi benturan keras dengan kecepatan 300km/jam. Yang mana dengan berkembangnya kantung udara tersebut membuat kepala, dada dan leher terhindar dari benturan keras yang kemungkinan pengemudi tidak akan mengalami cidera yang serius.

Seat Belt

Fitur keselamatan pada mobil kedua yang tidak kalah penting yaitu fitur seat belt, fitur keselamatan ini sama halnya sabung pengaman modern. Yang mana fungsi dari fitur seat belt ini untuk menahan badan agar tidak terpental jika terjadi kecelakan atau tabrakan.

seat belt

Bahkan saking pentingnya seat belt pada mobil, pemerintah membuat peraturan bahwa setiap pengemudi dan penumpang (khusus bagian depan) agar memakai sabuk pengaman ini pada saat mengendarai mobil. Jika tidak mengenakan selat belt akan terkena sanksi tilang.

Blind Spot Monitoring (BSM)

Fitur keselamatan pada mobil yang berhasil dikembangkan oleh produsen mobil yaitu Blind Spot Monitoring (BSM). BSM sendiri merupakan fitur keselamatan terbaru pada mobil yang berfungsi membantu pengemudi agar menjaga pandangan serta sebagai navigasi perubahan jalur.

Blind Spot Monitoring

Untuk cara kerja Blind Spot Monitoring yaitu dengan mengandalkan berbagai sensor yang bekerja secara otomatis untuk mendeteksi benda di sekitar mobil berjalan. Apabila ada kendaraan lain yang mendekati mobil dengan jarak yang sangat dekat maka sistem peringatan akan menyala yang ditandai dengan peringatan suara atau lampu berkedip.

Otonom Emergency Braking (AEB)

Dan Fitur keselamatan pada mobil terbaru yang tidak kalah canggih dari BSM yakni AEB (Otonom Emergency Braking). Yang mana fitur AEB ini bekerja dengan mengandalkan sensor dan kamera yang berfungsi untuk menangkap kecepatan serta jarak benda di jalan kendaraan mobil melaju.

Otonom Emergency Braking

Jika terdapat kendaraan yang cepat mendekati mobil, maka sistem AEB secara otomatis akan melakukan pengereman tanpa harus pengemudi menginjak pedal rem. Fitur keselamatan pada mobil terbaru ini saat ini digadang gadang sebagai fitur keselamatan terbaik yang mampu menekan angka kecelakaan.

Electronic Stability Control (ESC)

Electronic Stability Control merupakan fitur keselamatan pada mobil yang berfungsi untuk mencegah pengemudi kehilangan kendali pada saat mengendarai mobil. Dengan adanya fitur keselamatan ini membuat mobil lebih stabil dan mudah dikendarai.

Electronic Stability Control

Misalkan saja apabila mobil kehilangan kendali atau kontrol, maka sistem ESC ini akan secara otomatis mengaplikasikan rem pada roda serta mengembalikan lagi mobil pada jalur yang benar. Namun untuk penamannya, setiap produsen mobil menamakan fitur keselamatan ini berbeda beda.

Anti-Lock Braking System (ABS)

Dan Fitur keselamatan pada mobil yang tidak kalah penting yang perlu anda ketahui yaitu ABS. Mungkin fitur keselamatan yang satu ini cukup populer dikalangan masyarakat, karena fitur keselamatan ini tidak hanya digunakan pada mobil melainkan juga pada sepeda motor.

Anti-Lock Braking System

Lalu untuk Fungsi ABS yaitu untuk membantu pengemudi saat melakukan pengereman secara mendadak, dengan adanya fitur tersebut maka kontrol mobil akan lebih mudah khususnya pada saat mengendarai mobil pada kecepatan yang sangat tinggi.

Itulah 6 Fitur keselamatan pada mobil yang perlu anda ketahui apabila ingin membeli sebuah mobil. Dari ke 6 Fitur keselamatan pada mobil yang kami sebutkan tidak semua merk mobil dilengkapi ke enam fitur tersebut, namun yang jelas untuk fitur sabuk pengaman,airbag dan ABS pada umumnya telah disematkan pada semua mobil baru keluaran sekarang baik itu mobil mewah maupun kelas standar. Namun untuk fitur ESC dan AEB hanya pada mobil kelas menengah ke atas seperti Honda Civic dan Mitsubishi Lancer.