logo

Panduan Cara Setting CVT Motor Matic Agar Lebih Bertenaga Ditanjakan

Cara Setting CVT Motor Matic – Melihat banyaknya pengunjung setia otosite.net curhat kepada admin terkait motor matic kesayangannya yang kurang bertenaga saat melakukan perjalanan di trek menanjak. Untuk menjawab curhatan tersebut, admin akan sedikit memberikan solusi kepada pengunjung tentang Cara Setting CVT Motor Matic Agar Lebih Bertenaga Saat Menanjak. Nah bagi sobat yang pernah curhat permasalahan tersebut, sekarang simak ulasan tentang Cara Setting CVT Motor Matic agar motor matic kesayangan sobat bertenaga jika melalui jalan menanjak.

Memang tidak bisa dipungkiri, dari berbagai Kelebihan Motor Matic yang menawarkan berkendara yang simple dan praktis. Namun tidak menutup mata bahwa motor matic juga memiliki permasalahan atau kekurangan, kurang bertenaganya motor saat melewati jalanan yang menanjak merupakan salah satu Kekurangan Motor Matic yang seringkali dikeluhkan oleh pemiliki motor. Dan admin sendiri pun pernah mengalaminya ketika menggunakan motor matic tidak kuat saat melaju dijalanan yang menanjak.

Setting CVT Motor Matic

adversitemens

Dari hasil analisa yang admin lakukan,ternyata salah satu penyebab motor matic kurang bertenaga saat melaju di trek tanjakan karena motor matic menggunakan sistem transmisi CVT. Sehingga pada saat menanjak pengendara hanya mengandalkan tarikan gas saja, berbeda dengan motor manual meskipun kapasitas mesinnya standar namun dengan bantuan adanya transmisi manual bisa membuat tarikan mesin lebih bertenaga asalkan kita bisa mengatur gigi transmisinya  supaya kuat untuk melaju dijalanan yang menanjak.

Terus bagaimana agar motor matic bertenaga pada saat menanjak? Banyak hal yang bisa kita lakukan agar membuat motor matic kesayangannya memiliki performa yang gahar saat menanjak. Dan salah satu caranya yaitu dengan melakukan setting pada cvt motor matic agar motor lebih bertenaga, sebab cvt ini lah yang menjadi sistem penggerak pada motor matic. Kuat atau tidaknya motor matic menanjak tergantung dari CVT nya, semakin bagus kinerja CVT maka tenaga yang dihasilkan pun akan semakin besar dan gahar.

Panduan Cara Setting CVT Motor Matic Agar Lebih Bertenaga

Cara Setting CVT Motor Matic merupakan solusi yang paling efektik untuk membuat tenaga motor matic lebih bertenaga jika melaju dijalanan yang menanjak dari pada harus melakukan bord up yang merubah mesin standar. Untuk mengetahui Cara Setting CVT Motor Matic yang benar, silahkan perhatikan Panduan Setting CVT Motor Matic Agar Lebih Bertenaga dibawah ini.

adversitemens

Mengurangi Bobot Roller CVT

Cara Setting CVT Motor Matic pertama yang bisa sobat lakukan yaitu dengan mengurangi berat roller cvt, dengan mengurangi bobot roller cvt maka tarikan pertama akan lebih responsif pada putaran bawah. Namun yang perlu di ingat ketika mengurangi bobot roller cvt terlalu banyak agar pada saat putaran atas tetap bertenaga, sebab jika bobot roller cvt terlalu ringan biasanya pada putaran atas tenaga motor akan lonyo. Untuk pengurang bobot roller cvt sebaiknya mengurangi 1 mata saja, contohnya dari berat 10 gram menjadi 9 gram.

Ganti Per Kampas Kopling Dengan Yang Lebih Keras

Cara Setting CVT Motor Matic agar lebih responsif ditanjakan yang selanjutnya yaitu mengganti per kampas kopling dengan yang lebih keras. Anjuran digantinya per kampas kopling yang lebih keras karena efek dari pengurangan bobot roller cvt ini. Karena roller cvt yang ringan maka akan semakin cepat bukaan pully yang membuat kampas sentrifugal akan lebih cepat terangkat. Maka dari itu untuk mengindari hal tersebut, ketiga per kampas yang ada pada cvt harus diganti dengan yang lebih keras agar seimbang dengan bukaan pully yang cepat.

Gunakan Per CVT Racing

Dan Cara Setting CVT Motor Matic yang ketiga yaitu mengganti per cvt standar dengan per cvt racing. Mengganti per cvt racing ini merupakan langkah yang bisa di ambil apabila pemilik motor matic tidak ingin mengubah bobot roller cvt bawaan dari pabrik. Sebab per cvt racing mampu membuat mesin lebih bertenaga diputaran bawah, lalu untuk ukuran per cvt racing sesuaikan dengan kebutuhan. Namun jika mesin pada motor matic sobat masih standar lebih baik pilih per cvt racing dengan ukuran 1000 sampai 1500 RPM.

Itulah Cara Setting CVT Motor Matic Agar Lebih Bertenaga Ditanjakan yang bisa kami berikan kepada sobat, sangat mudah bukan untuk melakukan setting cvt pada motor matic. Akan tetapi saran kami, jika sobat tidak terlalu paham mesin sebaiknya sobat melakukan setting pada bengkel saja agar tidak salah setting. Dan mungkin untuk menambah wawasan sobat seputar dunia otomotif, baca juga Penyebab Motor Matic Bergetar dan Cara Memilih Shockbreaker Motor Yang Empuk.