logo

Cara Merawat V-Belt Motor Matic Agar Tidak Bunyi dan Cepat Habis

Cara Merawat V-Belt Motor Matic –┬áSalah satu yang menyebabkan motor matic di Indonesia sangat laris dan banyak digunakan oleh masyarakat berbagai kalangan yakni kemudahan dalam menggunakannya. Hal ini dikarenakan motor matic tidak mempunyai transmisi atau perseneling sehingga sangat praktis untuk mengendarainya, cukup tarik gas saja motor bisa sudah melaju.

Sistem gerak tidak menggunakan transmisi, wajar saja jika motor matic ini tidak menggunakan rantai sebagai sistem penggeraknya. Terus apa yang membuat motor matic ini melaju? Sistem penggerak pada motor matic yaitu menggunakan V-belt, yang mana Fungsi V-belt sendiri membuat sebuah putaran dari pulley primary ke pulley secondary.

Cara Merawat V-Belt Motor Matic

adversitemens

V-belt motor matic ini berbentuk karet yang ditempatkan pada samping ban belakang yang dibungkus oleh blok mesin yang terdapat sistem pendingin sendiri untuk mencegah air dan kotoran yang masuk ke dalam blok mesin yang bisa mengurangi kinerja dari V-belt, maka dari itu perlu dilindungi dengan blok mesin.

Melihat Fungsi V-belt yang begitu penting maka sudah seharusnya para pemilik harus rajin Merawat V-Belt Motor Matic dan mengeceknya. Sebab jika V-Belt Motor Matic sudah putus maka otomatis, motor matic tidak akan bisa melaju. Terus bagaiamana Cara Merawat V-Belt Motor Matic yang benar agar awet.

Cara Merawat V-Belt Motor Matic tidak semudah dengan merawat rantai pada motor manual, berada di dalam blok mesin jadi untuk melakukan perawatan V-Belt Motor Matic perlu membuka terlebih dahulu blok mesinnya. Agar lebih jelasnya lagi, silahkan simak Tips Cara Merawat V-Belt Motor Matic dibawah ini.

adversitemens

Cara Merawat V-Belt Motor Matic

Langkah pertama Merawat V-Belt Motor Matic yaitu dengan melepas terlebih dahulu semua baut pada cover CVT dengan menggunakan kunci T-8mm. Jika sudah terbuka semuanya dilanjutkan dengan membuka rumah kopling menggunakan kunci sok 24 khusus untuk motor matic yamaha, sementara untuk Motor Matic Honda dan Suzuki menggunakan kunci sok 22.

Jika rumah kopling sudha terbuka, sekarang tinggal melepas v-belt lalu tuangkan alkohol pada kain lap lalu bersihkan v-belt. Dengan menggunakan alkohol semua kotoran yang ada di v-belt akan terangkat dan hasilnya pun akan lebih awet dan bersih.Jika sudah dibersihkan, jangan lupa pasang kembali v-belt seperti semula.

Sangat mudah bukan Cara Merawat V-Belt Motor Matic? cara diatas bisa sobat lakukan untuk menambah umur V-Belt agar lebih panjang. Karena V-Belt ini memiliki masa aktif atau pakai tidak lebih dari 20 ribu km. Jadi jika sudah melebihi 20 ribu km, maka V-Belt harus segera diganti. Dan berikut ini Ciri-ciri v-belt harus diganti.

Ciri Ciri V-Belt Yang Harus Diganti

Salah satu cara yang bisa sobat lakukan untuk mengetahui Ciri-ciri v-belt yang harus diganti yaitu lihat lekukan berbentuk huruf V dibagian yang bergerigi. Jika sudah terdapat retakan pada V-belt motor matic kesayangannya maka harus segera diganti karena kinerjanya sudah tidak maksimal lagi.

Selain melihat pada bagian gerigi huruf V, ciri v-belt yang harus diganti yang lainnya yaitu perhatikan juga pada cekungan yang berada dibagian V-belt dari sisi samping. Apabila gerigi terlihat sudah sangat tajam,berarti V-Belt sudah aus dan harus diganti.

Kurang lebihnya itu saja yang bisa kami jelaskan kepada sobat tentang Cara Merawat V-Belt Motor Matic dan Ciri V-Belt yang harus diganti. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sobat semua, jika sobat ingin membersihkan blok mesin agar lebih mengkilap atau klincong. Baca juga Cara Mengkilapkan Blok Mesin Dengan Batu Ijo secara lengkap