logo

Cara Merawat Aki Kering Motor Supaya Tidak Cepat Soak

Cara Merawat Aki Kering Motor  – Salah satu komponen pada sepeda motor yang mempunyai peran yang sangat penting dalam sistem kelistirikan yaitu Aki. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Aki motor merupakan kunci utama untuk menyalakan sepeda motor dengan menggunakan starter tangan. Selain itu fungsi aki motor yang tidak kalah pentingnya yaitu sebagai stabilisator pada sistem kelistirikan yang ada pada motor.

Melihat fungsi aki motor yang begitu penting sudah sewajarnya jika para pemilik motor harus melakukan perawatan secara rutin agar aki motor tidak soak. Karena jika aki motor sudah soak maka bisa dipastikan untuk sistem kelistirikan tidak akan optimal, misalkan saja lampu motor pencahayaannya tidak akan maksimal dan bunyi klakson tidak akan bagus.

Cara Merawat Aki Kering Motor

adversitemens

Sekarang ini terdapat dua jenis aki motor yaitu Aki basah dan Aki kering yang banyak digunakan. Perbedaan dari kedua jenis aki motor tersebut yaitu pada isinya, jika aki basah berisi cairan asam sulfat namun untuk aki kering motor ini berisi gel yang merupakan pengganti dari cairan elektrolit yang sifatnya sulit untuk menguap, maka dari itu aki kering ini tidak bisa dilakukan isi ulang.

Lalu untuk Cara Merawat Aki Kering Motor dan aki basah pun sangat berbeda beda, jika aki kering bisa di rawat dengan melakukan isi ulang asam sulfat secara berkala namun untuk Cara Merawat Aki Kering Motor tidak bisa di ulang. Kalau tidak bisa di isi ulang, terus bagaimana Cara Merawat Aki Kering Motor agar tidak soak atau kuat bertahan lama?

Cara Merawat Aki Kering Motor Supaya Tidak Cepat Soak

Meskipun aki kering motor ini tidak bisa di isi ulang asam sulfat seperti halnya aki basah, namun bukan berarti aki kering motor ini tidak bisa dirawat supaya lebih bertahan lama. Ada beberapa Cara Merawat Aki Kering Motor agar tidak cepat soak yang informasi lengkapnya bisa sobat lihat dibawah ini.

adversitemens

Gunakan Motor Secara Rutin

Menggunakan motor secara rutin atau sesering mungkin merupakan salah satu Cara Merawat Aki Kering Motor agar tidak cepat soak yang paling mudah untuk dilakukan. Menggunakan motor secara rutin dapat membuat sistem pengisian listrik bekerja dengan optimal yang dapat menghasilkan suplai listrik yang stabil. Akan tetapi jika tidak digunakan, usahakan motor di panaskan kurang lebih 2 sampai 5 menit setiap hari.

Gunakan Starter Saat Menggunakan Motor

Cara Merawat Aki Kering Motor yang kedua yaitu dengan menggunakan electric starter saat akan menggunakan motor. Hal ini bisa membuat sistem kelistrikan menjadi stabil, namun jika pada saat pagi hari atau pada saat memanaskan mesin tidak di rekomendasikan menggunakan electric starter. Khusus memanaskan mesin direkomendasikan menggunakan kick starter untuk membantu menyalurkan oli ke bagian mesin.

Cek Komponen Kiprok

Rutin mengecek komponen kiprok juga termasuk Cara Merawat Aki Kering Motor yang bisa dilakukan, sebab antara kiprok dan aki kering dua komponen yang tidak bisa dipisahkan. Karena kedua komponen tersebut merupakan satu sistem kelistrikan pada sebuah motor, jika salah satu komponen tersebut bermasalah maka dipastikan kinerja suplai kelistrikan tidak akan optimal.

Cek Kabel Terminal Aki

Perawatan yang tidak kalah pentingnya agar aki kering motor tidak cepat soak atau rusak yaitu melakukkan cek kabel terminal aki secara berkala. Usahakan area tersebut jangan terlalu lembab, untuk mengindari terjadi konsleting aliran listrik.

Charging Seperlunya.

Cara Merawat Aki Kering Motor terakhir yang bisa dilakukan yaitu dengan mengisi daya listrik dengan charging. Jika aki basah menguatkan daya listrik dengan menambah cairan asam sulfat, khusus untuk aki kering bisa dilakukan dengan cara mencharger dengan alat khusus dengan daya 0,5 ampere. Adapun waktu yang dibutuhkan untuk mencharger aki kering yaitu 5 sampai 8 jam tergantung kapasitas daya aki.

Sangat mudah bukan untuk melakukan perawatan aki kering motor agar tidak cepat soak, kami rasa jika sobat melakukan perawatan aki motor secara rutin maka umur aki kering motor bisa lebih lama dibandingkan dengan masa aktif umur yang ada. Hanya sekedar informasi tambahan saja, untuk umur aki kering ini antara 1 sampai 2 tahun dengan pemakian sejauh 20.000 km. Namun jika sobat melakukan perawatan secara rutin, tidak menutup kemungkinan umurnya bisa nambah. Baca juga tips otomotif lainnya seperti Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Cara Merawat Pedal Kopling Mobil.