logo

Cara Merawat Aki Basah Motor Agar Umurnya Lebih Lama dan Awet

Cara Merawat Aki Basah Motor –┬áSeperti yang kita ketahui bersama, sekarang ini terdapat dua jenis aki yang banyak digunakan oleh sepeda motor yang ada di Indonesia yaitu Aki Basah dan Aki Kering. Meskipun jenisnya berbeda namun untuk fungsi keduanya sama sama untuk menyimpan dan menyalurkan sistem kelistrikan. Terus apa yang membedakan antara aki kering dan aki basah? adapun perbedaan dari kedua jenis aki motor tersebut yaitu pada bagian isinya saja.

Jika aki kering berisi gel sebagai pengganti cairan elektronik yang mempunyai sifat yang sulit untuk menguap, sedangkan untuk aki basah berisi cairan berupa asam sulfat. Untuk aki basah sendiri harus dilakukan perawatan secara rutin atau berkala supaya mampu menyimpan dan menyalurkan kelistrikan secara optimal. Karena jika tidak dilakukan perawatan secara rutin maka aki basah cepat soak yang biasanya ditandai dengan habisnya cairan asam sulfat.

Cara Merawat Aki Basah Motor

adversitemens

Tentu jika kondisi aki basah sudah maka sistem kelistrikan yang ada pada motor tidak akan optimal, efek yang paling terasa dari aki basah yang soak yaitu untuk menghidupkan motor dengan menggunakan electric starter pasti tidak akan bisa sebab daya listrik pada motor tidak optimal karena aki basah yang soak. Selain starter electric yang ngadat, biasanya aki basah yang soak juga akan berpengaruh pada bunyi klakson yang tidak maksimal.

Cara Merawat Aki Basah Motor Agar Umurnya Lebih Lama

Melihat fungsi aki basah motor yang sangat penting, maka sudah sewajarnya jika para pemilik motor ini melakukan perawatan secara rutin dan berkala pada bagian akinya. Terus bagaiamana Cara Merawat Aki Basah Motor? tidak perlu bingung, sobat langsung saja melihat rangkuman Cara Merawat Aki Basah Motor yang ada dibawah ini.

Cek Badan Aki

adversitemens

Cara Merawat Aki Basah Motor pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan mengecek kondisi badan aki, usahakan badan aki tidak mengalami kebocoran. Jika terdapat sebuah kebocoran, langsung saja tukarkan aki basah pada bengkel resmi. Hal ini untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan.

Periksa Kondisi Kiprok

Seperti yang diketahui bersama, Kiprok merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk menyalurkan listrik pada aki pada proses pengisian. Maka dari itu untuk menjaga kinerja aki tetap optimal, maka selalu cek dan periksa kondisi kiprok. Indikasi kiprok bermasalah bisa dilihat jika pancaran cahaya lampu redup.

Periksa Kedua Terminal Aki

Cara Merawat Aki Basah Motor yang selanjutnya yaitu melakukan pengecekan pada kedua terminal aki. Bagian terminal aki ini yang seringkali mengalami problem, maka dari itu perlu dilakukan pengecekan secara berkala.

Cek Ketinggian Cairan Asam Sulfat

Penggunaan yang terus menerus tentu akan membuat cairan asam sulfat yang ada di dalam aki akan berkurang, biasanya jika cairan asam sulfat yang ada pada aki berkurang maka otomatis kinerja aki pun akan berkurang khususnya pada penyaluran kelistrikan. Maka dari itu agar aki basah selalu awet dan tidak cepat soak, perlu dilakukan pengecekan ketinggian cairan asam sulfat.

Panaskan Motor Minimal 15 Menit

Cara Merawat Aki Basah Motor yang kelima yaitu dengan memanaskan motor minimal 15 menit rutin setiap hari.Adapun tujuan memanaskan motor setiap hari untuk menghindari sel-sel yang di dalam aki tidak mati.

Sangat mudah bukan Cara Merawat Aki Basah Motor Agar Tidak Cepat Soak? Meskipun secara teori Cara Merawat Aki Basah Motor ini sangatlah mudah namun pada prakteknya terkadang lebih susah dari teori. Maka dari itu perlu konsistensi yang tinggi untuk bisa merawatanya, lalu untuk sobat yang merasa sistem kelistrikan pada motor kesayangannya menggunakan aki kering. Sobat juga bisa membaca Cara Merawat Aki Kering Motor yang sudah dibahas pada kesempatan yang sebelumnya.