logo

Cara Merawat AC Mobil Yang Benar Agar Selalu Dingin

Cara Merawat AC Mobil  – Salah satu komponen interior mobil yang cukup penting keberadaannya bagi penumpang maupun pengemudi yaitu air conditioning atau yang sering kita sebut dengan AC. Ya sebagaimana yang kita ketahui bersama mengenai fungsi AC sendiri yaitu dapat memberikan suasana yang sejuk disekitar kabin atau ruangan mobil. Dan kebutuhan akan AC sangat diperlukan saat kita mendengarai di jalanan yang macet atau pun cuacana yang panas, khususnya jalanan diperkotaan yang terkenal akan kemacetannya.

Cara Merawat AC Mobil

Selain memberikan suasana yang sejuk pada ruangan mobil, fungsi AC juga lainnya dapat membuat kaca tidak berkabut khususnya saat melakukan perjalanan di kondisi hujan. Tentunya dengan hal tersebut, memudahkan para pengemudi dalam mengemudikan mobilnya tanpa terganggu dengan kaca berkabut. Melihat pentingnya fungsi AC, oleh karenanya pada kesempatan ini kami akan mencoba mengulas informasi mengenai Cara merawat ac mobil yang benar agar tetap dingin atau sejuk.

adversitemens

Penyebab AC Mobil Tidak Sejuk

Sama dengan komponen mobil lainnya, AC juga tidak lepas dari yang namanya kerusakan atau masalah kinerjanya. Pada umumnya AC Mobil yang kinerjanya akan menurun atau kurang maksimal ketika umur mobil sudah diatas 2 tahun, salah satu contoh kinerja ac mobil kurang maksimal yaitu kesejukannya kurang terasa meskipun volumenya sudah maksimal. Malah yang lebih parah lagi, jika kerusakannya sudah akut AC Mobil tidak bisa mengeluarkan aura sejuknya dan berbau. Menurunnya kinerja AC mobil, tidak lepas dari cara merawat ac mobil itu sendiri. Karena kami yakin jika dalam merawat ac mobil benar, maka yang namanya kerusakan bisa dihindarkan. Sebelum kami membahas mengenai Cara merawat ac mobil yang benar, kami terlebih dahulu ingin membahas penyebab ac mobil tidak sejuk atau dingin.

  1. Kondensor Kotor
  2. Kompresor Sedang Bermasalah
  3. Putusnya Belt
  4. Matinya Blower AC
  5. Freon Habis
  6. Terjadi Overheating
  7. Saluran buang ari kondensasi tersumbat
  8. Kompresor Aus
  9. Evaporator tersumbat
  10. Kelebihan Oli Kompresor

Itulah beberapa penyebab ac mobil tidak sejuk atau dingin yang bisa anda ketahui, jika ac mobil yang anda punyai sedang bermasalah mungkin sobat bisa mengecek salah satu komponen ac yang ada diatas. Lalu untuk cara merawat ac mobil yang benar, silahkan pembahasannya dibawah ini.

Cara Merawat AC Mobil Yang Benar Agar Selalu Dingin

Rutin membersihkan kondensor

adversitemens

Saat mobil di cuci, anda jangan lupa untuk selalu membersihkan bagian kondensor dari debu yang menempel. Cara memberishkannya yaitu dengan menyemportkan air pada permukaan kondensor.

Selalu menjaga kebersihan kabin.

Salah satu faktor yang menyebabkan ac tidak sejuk atau dingin karena banyaknya debu yang menempel pada permukaan AC mobil. Maka dari itu di anjurkan untuk selalu menjaga kebersihan kabin dari berbagai macam debu atau kotoran seperti pasir.

Gunakan filter kabin

Jika merasa susah menghindari debu yang masuk ke dalam kabin, cara terbaik untuk menjaga kebersihan ac mobil yaitu dengan memasang filter kabin yang memiliki fungsi untuk menyaring kotoran dan debu supaya tidak masuk ke evaporator ac.

Rutin mengecek putaran extra fan

Apabila anda sudah menggunakan extra fan atau kipas kondensor,cara merawat ac supaya tetap sejuk dengan selalu mengecek putaran ektra fan.

Jangan merokok pada keadaan ac nyala.

Cara merawat ac mobil yang paling mudah agar ac mobil anda selalu mengeluarkan udara yang segar dengan tidak merokok saat ac sedang menyala. Hal ini untuk menghindari agar asap rokok tidak masuk ke dalam evaporator.

Hindari menaruh parfum mobil dekat ac.

Dan untuk cara merawat ac mobil secara benar yang terkahir yaitu tidak menaruh parfum mobil dekat dengan putaran blowe ac serta tidak menaruh parfum di grill ac.

Mungkin hanya itu yang bisa kami suguhkan kepada anda semua seputar cara merawat ac mobil yang benar, cara tersebut bisa anda praktekan jika ac yang ada di dalam mobil anda sedang bermasalah. Baca juga tips otomotif lainnya seperti Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil yang sudah kami bahas pada kesempatan sebelumnya.