logo

Cara Kerja dan Menggunakan Rem ABS Yang Benar Pada Mobil

Cara Menggunakan Rem ABS – Salah satu terobosan teknologi pada dunia otomotif yang saat ini sedang mendapatkan perhatian publik yaitu sistem pengereman ABS. Sobat tentunya sudah sangat familiar dengan pengereman ABS, meskipun sudah sangat familiar mendengar teknologi ABS namun tidak sedikit juga orang yang belum tahu sebenarnya apa itu pengereman ABS, bagaimana cara kerjanya dan menggunakanya dengan benar. Maka dari itu kami akan membahas Cara Menggunakan Rem ABS Yang Benar Pada Mobil.

Rem ABS (Anti Lock Braking) merupakan sebuah terobosan teknologi terbaru yang dikembangkan oleh para produsen mobil yang memiliki fungsi supaya tidak terjadi penguncian ban pada saat pengereman keras atau mendadak. Teknologi ABS akan bekerja ketika mobil saat mengalami pengereman secara mendadak, namun posisi ban berhenti mobilnya tetap melaju. Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan simak Cara Kerja Sistem Pengereman ABS supaya sobat menggunakan abs dengan benar.

Rem ABS

adversitemens

Fitur ABS yang ada pada mobil memiliki 4 komponen yang di memiliki keterkaitan dari komponen satu dengan komponen yang lain, namun meski memiliki keterkaitan dari komponen satu dengan yang lain namun untuk komponennya memiliki fungsi masing masing. Adapun untuk komponen yang ada pada pengereman ABS diantaranya Sensor Kecepatan, Katup Pengereman,Pompa dan Kontroler / Komputer. Kemudian untuk mengetahui hubungan dari satu komponen ke komponen yang lain silhkan simak pembahasannya dibawah ini.

Cara Kerja Rem ABS

Rangkaian kerja sistem rem abs yakni sensor kecepatan akan selalu membaca kecepatan mobi di setiap waktu yang lalu akan mengirimkan data kecepatan pada komponen kontroler. Komponen tersebut akan bekerja selama 5 detik saat mobil melakukan pengereman (berhenti) pada kecepatan 100km per jam. Yang artinya jika pengemudi melakukan pengereman normal, fitur abs tidak akan melakukan penguncian pada roda mobil. Namun berbeda jika pengemudi melakukan pengereman mendadak maka sudah pasti roda akan terkunci dan untuk waktu yang diperlukan kurang lebih 1 detik.

Kecepatan pengereman 1 detik tersebut dikarenakan komponen kontroler sudah di seting atau diprogram untuk melakukan pengereman dengan maksimal. Dan sebelum roda terkunci, komponen kontroler ini akan mendapatkan data dari sensor kecepatan yang secara otomatis akan memberikan perintah katup supaya menghalangi tekanan. Yang mana untuk kerjanya dengan cara mengambil katup pada posisi kedua ataupun posisi katup 3 sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh kontroler. Dan pada saat putaran roda terdeteksi oleh komponen sensor maka secara otomatis kontroler akan mengambil posisi satu.

adversitemens

Dari melihat penjelasan Cara Kerja Pengereman Teknologi ABS ini bisa disimpulkan bahwa teknologi abs ini memiliki kinerja yang sangat cepat hanya dalam hitungan 1 detik saja. Setelah mengetahui cara kerja pengeraman abs, pertanyaannya apakah menggunakan abs sama halnya dengan pengereman non abs? Dengan tegas tidak, menggunakan rem abs ada caranya sendiri. Berikut ini Cara Menggunakan Rem ABS Yang Benar Pada Mobil yang bisa dilakukan.

Cara Menggunakan Rem ABS Yang Benar

Ulasan artikel Cara Menggunakan Rem ABS Yang Benar Pada Mobil kami buat karena termotivasi dari rasa keperihatinan kami melihat banyak orang melakukan pengereman abs yang salah. Cara menggunakan rem abs yang salah yakni dengan pulse braking atau mengocok rem, seharusnya untuk langkah pengereman terhadap mobil yang sudah menggunakan sistem pengereman abs dengan menginjak pedal rem dengan kuat dan cepat, lalu ditahan pedal tersebut supaya mobil berhenti. Ya memang saat pada menginjak pedal secara kuat, si pengemudi akan merasakan getaran pada pedal, hal tersebut merupakan sebuah kewajaran.

Namun untuk mereka yang masih kurang tahu dengan cara menggunakan rem abs yang benar saat pada menginjak pedal rem dan mengalami getaran tidak sedikit juga orang yang melepaskan pedal rem tersebut karena kaget merasakan getaran pada rem. Dan kondisi inilah yang sering kali menyebabkan kendaraan karena mobil terus meluncur tidak semestinya berhenti. Oleh karena itu bagi pengemudi yang merasa mobilnya sudah menggunakan teknologi rem abs sebaiknya mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan rem abs dengan benar.

Kelebihan Rem ABS

Hasil dari pengembangan teknologi pengereman dari sistem pengereman sebelumnya, tentunya rem abs ini memiliki kelebihan dari fitur pengereman sebelumnya. Terus apa saja kelebihan pengereman abs ini, salah satunya membuat membuat roda tidak langsung mengunci dan berhenti seketika apabila pengemudi melakukan pengereman mendadak.

Kekuranga Rem ABS

Kemudian untuk kekurangan rem abs sendiri yaitu pada saat melaju pada jalanan yang tidak bagus alias tidak rata maka pengeremannya tidak akan maksimal, jadi untuk sobat yang merasa mempunyai mobil dengan pengereman abs sebaiknya lebih waspada lagi. Dan kekurangan pengereman abs selanjutnya yang paling dirasakan yaitu para freestyler yang bisa melakukan atraksi dengan pengereman mengunci ban.

Mungkin itu saja pembahasan informasi tentang Cara Kerja dan Menggunakan Rem ABS yang bisa kami informasikan kepada sobat  semua, mudah mudahan informasi ini bisa menambah wawasan sobat mengenai dunia otomotif. Dan yang terpenting mendapatkan penjelasan bagaiaman caranya menggunakan rem abs dengan benar supaya tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan. Baca juga info Cara Merawat Kaca Film Mobil dan Penyebab Shock Depan Motor Bocor yang sudah kami bahas pada kesempatan sebelumnya.