logo

Cara Mengetahui Kiprok Rusak Pada Motor Dengan Cepat

Cara Mengetahui Kiprok Rusak –¬†Untuk pengunjung setia situs otomotif otosite.net pasti sudah membaca berbagai artikel tips otomotif yang sudah kami jelaskan pada kesempatan yang sebelumnya. Dan untuk menambah info tips otomotif situs ini, sekarang ini kami akan kembali membahas tips otomotif motor tentang Cara Mengetahui Kiprok Rusak Pada Motor dengan cepat dan mudah.

Kiprok merupakan salah satu komponen yang ada pada sepeda motor yang memiliki fungsi sebagai terminal atau tempat menstabilkan dan penyaring arus pengapian dari komponen spool sebelum disebarkan ke seluruh kabel. Dan fungsi kiprok yang tidak kalah pentingnya yaitu untuk mengisi daya aki agar tetap kuat ketika motor dikendarai atau dijalankan.

cara mengetahui kiprok rusak

adversitemens

Melihat fungsi kiprok yang ada diatas, bisa kita simpulkan bahwa kiprok ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sistem kelistrikan sepeda motor. Dan bisa dipastikan jika kiprok mengalami kerusakan maka kinerja dari sistem pengapian pada sepeda motor akan tidak maksimal, bahkan jika kerusakannya sudah parah bisa mengakibatkan motor mati.

Dan permasalahan yang sering dihadapi oleh pemilik motor tidak tahu bagaimana ciri ciri kiprok yang rusak. Maka dari itu untuk menyelesaikan masalah tersebut, kami akan mencoba menjelaskan Cara Mengetahui Kiprok Rusak Pada Motor agar pemilik motor mengetahui bahwa kondisi kiprok pada motornya masih bagus atau sudah rusak. Karena sekarang ini kebanyakan orang masih menduga duga tanpa ada pemeriksaan.

Ciri ciri Kiprok Motor Yang Rusak

Sebenarnya untuk Cara Mengetahui Kiprok Rusak Pada Motor yaitu cukup mudah, hanya saja untuk bisa mengetahui rusak atau tidaknya kiprok, kita harus mengetahui terlebih dahulu akibat dari kiprok yang rusak. Berikut ini Ciri ciri Kiprok Motor Yang Rusak.

adversitemens

Bola Lampu Sering Putus

ciri kiprok motor rusak yang sering terjadi yaitu bola lampu yang sering putus, apalagi pada posisi sedang di gas namun tidak bisa menahan cahaya bisa dipastikan kiprok rusak.

Pada Saat Digas Lampu Begitu Terang

Ciri kiprok motor rusak yang selanjutnya pada saat motor digas maka lampu begitu terang yang nanti dalam waktu biasanya bola lampu akan mati karena aliran di dalam bola lampu terputus.

Cahaya Lampu Motor Redup

Selain bola lampu yang sering mati, ciri kiprok rusak yang lainnya yaitu cahaya lampu motor yang redup. Hal ini juga seringkali terjadi jika kiprok motor mengalami kerusakan.

Aki Tidak Mengecas

Jika aki motor sobat soak dan sudah diganti dengan yang baru namun baru beberapa bulan saja sudah soak, maka sudah dipastikan jika penyebabnya kiprok yang rusak.

Melihat beberapa akibat kiprok motor yang rusak, bisa kita simpulkan bahwa pengaruh kiprok pada sistem pengapian motor sangat besar. Oleh karena itu wajib hukumnya untuk selalu menjaga kinerja dari kiprok motor ini. Terus bagaimana Cara Mengetahui Kiprok Rusak Pada Motor? Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak dan perhatikan Cara Mengetahui Kiprok Rusak Pada Motor dibawah ini.

Cara Mengetahui Kiprok Rusak Pada Motor

Cara Mengetahui Kiprok Rusak Pada Motor yang pertama yaitu dengan mengetahui terlebih dahulu tempat kiprok berada, karena setiap motor penempatannya berbeda beda.

Cara Mengetahui Kiprok Rusak Pada Motor yang kedua yaitu setelah mengetahui letak kiprok, langkah selanjutnya yaitu dengan mencabut colkan kabel kiprok.

Cara Mengetahui Kiprok Rusak Pada Motor yang ketiga yaitu dengan melakukan pengecekan percikan api pada kabel kiprok, pada umumnya kabel kiprok berawarna putih dan kuning. Dan pastikan ujung kabel mengeluarkan percikan api ketika mesin di engkel.

Jika pada tahap ketiga sudah dilakukan dan kabel kiprok yang berawarna putih dan kuning mengeluarkan api, langkah selanjutnya yaitu dengan mencolokan atau menyambungkan soket pada kiprok.

Langkah Cara Mengetahui Kiprok Rusak Pada Motor yang selanjutnya yaitu dengan mengecek percikan api pada kabel yang berwarna mewah. Apabila keluar api maka kiprok masih berfungsi untuk ngecas battery motor. Namun jika kabel merah tidak mengeluarkan percikan api, maka sudah dipastikan kiprok motor sudah rusak.

Cukup mudah bukan Cara Mengetahui Kiprok Rusak Pada Motor? jika memang kiprok motor sudah rusak, maka segera gantilah dengan yang baru. Namun untuk mengetes kiprok baru tidak konslet yaitu dengan melepaskan kabel kiprok dan nyalakan mesin. Jika pancaran lampu terang maka kiprok bagus namun jika redup segera tukar kembali kiprok dengan yang lain. Baca juga Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap dan Cara Membuat Lampu Sein Motor Berkedip Lebih Cepat.