logo

Cara Memperbaiki Indikator Bensin Mati Pada Mobil dan Motor

Cara Memperbaiki Indikator Bensin Mati –¬†Keberadaan indikator bensin atau bahan bakar pada kendaraan mobil ataupun motor sangatlah penting, mengingat fungsi dari indikator bensin yaitu untuk mengetahui isi dari tangki bahan bakar yang tersedia pada motor ataupun mobil. Tentu jika indikator bensin pada mobil ataupun motor mati akan membuat pengendara bingung untuk mengetahui ketersediaan bahan bakar yang ada di dalam tangki bahan bakar.

Oleh karena itu sudah sepatutnya jika indikator bensin pada motor ataupun mobil kita rusak ataupun mati harus cepat di perbaiki agar kita merasa nyaman dan tenang apabila ingin melakukan perjalanan jauh. Jangan sampai karena indikator bensin mati membuat perjalanan kita terhenti karena mobil ataupun motor kita kehabisan bahan bakar, jika sudah terjadi hal tersebut tentu yang akan rugi dan repot kita sendiri.

Cara Memperbaiki Indikator Bensin

adversitemens

Terus bagaiamana Cara Memperbaiki Indikator Bensin Mati pada motor ataupun mobil? Sebenarnya Cara Memperbaiki Indikator Bensin Mati ini cukup mudah, dalam tahap perbaikannya pun antara indikator mobil dan motor pun sama. Nah untuk sobat yang merasa indikator bensin motor atau mobilnya mati tidak perlu bingung. Berikut ini kami informasikan Cara Memperbaiki Indikator Bensin Mati yang bisa dilakukan?

Cara Mengecek Indikator Bensin Mati atau Rusak

Sebelum melakukan perbaikan pada indikator bensin yang rusak, sebaiknya sobat mengecek terlebih dasar yang membuat tangki bahan bakar rusak dengan cara mencabut soket kabel yang menyambung pada ampere bensin pada posisi kontak ON. Kemudian sambungkan kedua kabel dalam soket tersebut, apabila indikator bergerak di posisi bensin full maka pelampung bensin memang sudah rusak.

Namun jika indikator bensin saat pengecekan tidak bergerak maka coba cek kabel yang menyambung pada indikator spidometer. Apabila pada kabel tidak ditemukan masalah berarti dasar masalahnya pada jarum indikator yang ada pada spidometer. Cara ini hanya bisa dilakukan untuk spedometer yang masih menggunakan analog, untuk pengecekan indikator bensin digital caranya pun berbeda.

adversitemens

Itulah Cara Mengecek Indikator Bensin Rusak yang bisa sobat lakukan,setelah melakukan pengecekan tehadap indikator bahan bakarnya langkah selanjutnya yaitu memperbaiki indikator bensin yang rusak. Untuk mengetahui bagaimana Cara Memperbaiki Indikator Bensin Mati Pada Mobil dan Motor, sobat langsung saja melihat pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Memperbaiki Indikator Bensin Mati

Cara Memperbaiki Indikator Bensin pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan menyiapkan obeng yang akan kita gunakan untuk membuka pelampung ampere bahan bakar. Jika sudah terbuka keluarkan pelampung ampere bensin dan apabila kondisinya kotor langsung saja dibersihkan. Pada pelampung bensin perhatikan kawat tuas pelampung yang pada pangkalnya terdapat lidah2 yang terhubung pada lilitan kabel indikator bensin. Pastikan kabel kabel tersebut saling bersentuhan, sebab apabila tidak terkait maka indikator bahan bakar tidak akan terkoneksi. Namun jika pelampung bahan bakar sudah terlanjur rusak sebaiknya ganti yang baru.

Cukup mudah bukan Cara Memperbaiki Indikator Bensin? Informasi Cara Memperbaiki Indikator Bensin yang kami bahas diatas ini berlaku untuk sepeda motor dan mobil. Mungkin yang membedakan dari pelampung indikator bensin pada mobil dan motor hanya pada ukurannya saja. Baca juga Cara Merawat Aki Basah Motor dan Cara Merawat Aki Kering Motor yang pembahasannya sudah dijelaskan pada waktu yang sebelumnya.