logo

Cara Memperbaiki Bumper Penyok Dengan Air Panas dan Hair dryer

Cara Memperbaiki Bumper Penyok –¬†Salah satu aksesoris mobil yang bisa membuat mobil tampil lebih keren dan sporty yaitu bumper mobil. Selain memiliki fungsi sebagai pemanis tampilan pada mobil, fungsi bumper mobil yang tidak kalah pentingnya yaitu untuk melindungi atau menahan mobil pada saat terjadi benturan dan tabrakan. Dengan adanya bumpe ini, maka benturan akan ditahan pada bumper dan kerusakannya pun tidak langsung ke bodi mobil karena sudah tertahan oleh bumper.

Untuk jenis bumper mobil yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai jenis mobil yaitu bumper yang terbuat dari besi dan bumper yang terbuat dari plastik atau mika. Pada umumnya mobil yang menggunakan bumper besi yaitu mobil jenis petualangan atau suv, sementara untuk mobi yang menggunakan bumper plastik pada umumnya mobil hatcback ataupun mobil sedan yang biasanya dibuat untuk kebutuhan modifikasi agar mobil tampil lebih futuristik dan sporty.

Cara Memperbaiki Bumper Penyok

adversitemens

Dengan penempatan bumper mobil paling depan, tentu bumper mobil sangat rentan menjadi korban benturan saat berkendara khususnya pada saat kondisi jalanan yang macet sehingga bumper mobil akan penyok bahkan hancur. Untuk bumper penyok biasanya disebabkan karena terjadinya benturan namun dalam posisi kecepatan yang pelan, sementara untuk penyebab bumper hancur biasanya dikarenakan terjadinya benturan dengan kecepatan yang tinggi.

Dari kedua permasalahan bumper mobil, yang akan coba kami bahas yakni tentang Cara Memperbaiki Bumper Penyok. Karena jika dibandingkan dengan memperbaiki bumper yang hancur, Memperbaiki Bumper Penyok lebih mudah karena bisa dikerjakan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel bodi mobil. Ingin tahu bagaimana Cara Memperbaiki Bumper Penyok? Mari disimak ulasan lengkapnya yang sudah kami rangkum secara jelas dibawah ini.

Cara Memperbaiki Bumper Penyok Dengan Air Panas dan Hair dryer

Ada 2 Cara Memperbaiki Bumper Penyok yang bisa sobat lakukan apabila ingin mengembalikan bumper mobil yang penyok yaitu dengan menggunakan Hair dryer dan air panas. Loh apa bisa dengan air panas dan Hair dryer bisa memperbaiki bumper penyok? Jika ingin tahu lebih jelasnya, berikut ini Panduan Cara Memperbaiki Bumper Penyok dengan air panas dan hair dryer.

adversitemens

Memperbaiki Bumper Penyok Dengan Air Panas

Teknik memperbaiki bumper penyok pertama yang akan kami jelaskan kepada sobat yaitu dengan menggunakan air panas. Cara ini bisa dilakukan untuk mereka yang tidak memiliki hair dryer, untuk cara mengembalikan bumper yang penyok bahan utama yang perlu disiapkan yaitu air panas. Kemudian untuk panduannya bisa melihat dibawah ini.

Siapkan air panas yang mendidih lalu siramkan air pada permukaan bumper mobil yang penyok secara berulang ulang.

Jika bumper mobil terlihat lembek atau melunak, lalu dorong bumper mobil dengan menggunakan tangan sobat dari dalam sampai bentuk bumper mobil seperti sediakala.

Apabila mendorong bumper tersebut dilakukan benar maka bentuk bumper akan kembali seperti semula, namun jika mendorong bumper kurang benar maka hasilnya tidak persis dengan bentuk semula.

Dan untuk menutupi bekas gorengan pada bumper maka lakukan pengecetan ulang dengan warna cat bumper.

Memperbaiki Bumper Penyok Dengan  Hair dryer

Mungkin sebelum sobat membaca artikel ini, sobat pasti tahunya fungsi hair dryer hanya bisa digunakan untuk mengeringkan rambut saja. Padahal hair dryer ini juga bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki bumper penyok pada mobil. Penasaran ingin tahu bagaimana cara memperbaiki bumper penyok dengan hair dryer? simak panduan caranya dibawah ini.

Siapkan 2 buah hair dryer dan cat sesuai dengan bumper

Bumper yang penyok kemudian dipanaskan dengan menggunakan hair dryer sampai benar benar panas sehingga teksturnya melelah atau lembek.

Jika sudah melunak dan meleleh, dorong bumper yang penyok dari bagian dalam dengan menggunakan tangan secara perlahan sampai bentuknya seperti semula.

Apabila bentuk bumper dirasa sudah sesuai dengan bentuk semula, sekarang tinggal oleskan cat pada bagian yang penyok untuk menutup bekas goresan.

Gimana cara memperbaiki bumper penyok yang kami bahas diatas, sangat sederhana dan mudah bukan? Hanya sekedar mengingatkan saja cara diatas hanya bisa dilakukan untuk bumper mobil dengan bahan plastik saja untuk bumper besi tidak bisa dengan cara tersebut. Baca juga Penyebab AC Mobil Kurang Dingin dan Lampu Mobil Redup untuk menambah pengetahuan seputar dunia tips otomotif.