logo

Inilah Cara Melakukan Engine Break Yang Benar dan Aman

Cara Melakukan Engine Break –¬†Saat kita mengemudikan mobil menuju ke suatu tempat, pastinya karakter jalan yang akan kita lewati akan sangat bervariasi tidak hanya datar atau menikung saja. Apalagi jika melakukan perjalanan ke tempat wisata pegunungan pastinya karakter jalan yang akan dilewati sangat variatif, ada yang jalanan yang menurun, menanjak, lurus ataupun tikungan.

Dari beberapa karakter jalanan yang ada di Indonesia, salah satu karakter jalanan yang dibutuhkan kemampuan khusus untuk mengendarainya yaitu jalanan yang menurun ataupun menanjak. Karena kedua karakter jalanan tersebut untuk melewatinya perlu pengemudi yang sudah mahir mengendarai mobil baik itu dari sistem kendali kemudi maupun dalam sistem pengeremannnya.

Melakukan Engine Break

adversitemens

Selain dituntut untuk menguasai sistem pengereman dan kemudi, pada saat melewati jalan yang menurun dan menanjak para pengemudi juga di tuntut bisa melakukan engine break atau memanfaatkan putaran mesin agar mobil tetap terkendali. Melakukan angine breake saat berada di jalanan yang menurun sangatlah penting karena dapat mengontrol laju mobil agar tidak terus melaju.

Kenapa pada jalanan menurun harus melakukan engine break? Sebab jika mengandalkan sistem pengereman saja kurang optimal, karena sistem pengereman akan cepat panas secara berlebihan.Jika kondisi tersebut dibiarkan maka membuat kinerja rem kurang responsif dan bahkan bisa ngeblong atau tidak makem. Apabila rem blong tentunya akan sangat berbahaya untuk perjalanan.

Melihat pentingnya engine breake, sudah sewajibnya jika sobat mengetahui cara melakukan engine breake yang benar dan aman. Dan dikesempatan ini kami akan mencoba membahas cara melakukan engine break yang benar pada mobil matic maupun manual. Untuk melihat caranya, silahkan simak ulasan informasi lengkapnya dibawah ini.

adversitemens

Cara Melakukan Engine Break Mobil Matic

Pada prinsipnya engin breaker pada mobil matic dilakukan secara bersamaan dengan melakukan down shift seperti halnya pada manual. Jika pada mobil manual melakukan engine break yang benar dengan menonaktifkan fitur over drive agar bisa menurunkan posisi transmisi. Sedangkan untuk cara melakukan engine break pada mobil matic dengan langsung menurunkan posisi transmisi dari D ke 3.

Namun yang perlu diperhatikan oleh pengendara saat melakukan engine break, rpm mesin harus dalam keadaan tepat agar mobil tidak mengentak. Namun untungnya untuk mobil matic baru sekarang ini sudah dilengkapi dengan fitur engine breake seperti fitur Grade Logic COntrol yang sudah disematkan pada mobil honda.

Cara Melakukan Engine Break Mobil Manual

Lalu untuk cara melakukan engine breake pada mobil manual yaitu dengan menurunkan posisi transmisi ke gigi atau transmisi yang lebih rendah. Akan tetapi yang perlu diperhatikan, dalam melakukan penurunan atau pemindahan posisi dari transmisi ke yang lebih rendah harus dengan cara bertahap. Hal ini agar mesin dan transmisi tidak cepat rusak.

Kemudian agar saat melakukan engine break mobil tidak terhentak, pengemudi juga harus memperhatikan rpm atau putaran mesinnya. Dan posisi rpm yang paling bagus untuk melakukan engine break yaitu pada 3.000 rpm. Dan melakukan engine break ini sebaiknya di dahului dengan melakukan pengereman agar laju mobil tidak terlalu cepat.

Cukup mudah bukan? untuk melakukan engine breake yang benar dan aman, semoga dengan adanya pembahasan ini memberikan ilmu tambahan kepada sobat mengenai mengendarai yang benar dan aman. Untuk sobat yang saat ini baru belajar mengemudi, baca juga cara mengemudi di turunan yang benar dan aman.