logo

Syarat dan Panduan Cara Bayar Pajak Mobil Online Lengkap

Adversitements

Cara Bayar Pajak Mobil Online – Salah satu penyebab pemilik kendaraan enggan untuk membayar pajak kendaraannya di samsat sendiri yakni karena proses yang cukup ribet dan memakan waktu yang cukup lama. Melihat keluhan dari masyarakat, Samsat sebagai lembaga yang berwenang untuk mengurusi pajak motor dan mobil kini mengeluarkan sebuah terobosan dengan mengeluarkan program bayar pajak online.

Bayar Pajak Mobil Online

Sebenarnya program bayar pajak online sendiri sudah diluncurkan oleh beberapa tahun yang lalu, hanya saja pada saat pertama kali dikeluarkan tidak semua daerah bisa melakukan pembayaran secara online. Namun pantauan dari kami, seiring berjalannya waktu saat ini hampir semua samsat yang ada di daerah sudah bisa membayar pajak secara online.

adversitemens

Panduan Cara Bayar Pajak Mobil Online Lengkap

Meskipun program bayar pajak online ini sudah lama, tapi masih banyak orang yang masih bingung cara bayar pajak online, oleh karena itu untuk memberikan kemudahan bagi sobat yang ingin melakukan bayar pajak secara online, kami akan menyuguhkan informasi tentang Syarat dan Panduan Cara Bayar Pajak Mobil Online. Nah untuk sobat yang ingin membayar pajak mobil kesayangannya, silahkan lihat dibawah ini.

Buka Situs E-Samsat

Langkah  Bayar Pajak Mobil Online pertama yang harus sobat lakukan yaitu dengan membuka situs E-Samsat, kebetulan untuk samsat yang biasa kami akses yaitu samsat jateng karena kami berada di wilayah jawa tengah. Tentunya untuk situs e-samsat yang akan akses, sesuaikan dengan daerah masing masing.

adversitemens

Pengisian Data

  • Langkah  Bayar Pajak Mobil Online kedua yaitu mengisi data, setelah mengakses situs E-Samsat dan masuk sekarang sobat tinggal mengisi data yang sesuai dengan form yang ada. Berikut ini data yang harus sobat isi.
  • Kota: Untuk kolom kota, isi kota sesuai dengan kota kendaraan, jika bumiayu, pilih bumiayu
  • Samsat: Untuk samsat, pilih lah samsat daerah mana yang biasa sobat mengurus pajak
  • Nopol : Untuk nopol, masukan nomor polisi kendaraan sobat
  • Kode : Masukan kode chapta yang bisa tersimpan dikotak
  • Kemudian langkah terakhir Cari

Jika data tersebut terisi benar, saat sobat mengklik cari akan dibawa ke halaman baru yang berisi data kendaraan sobat, adapun data yang ditampilkan seperti jumlah pajak yang harus dibayar, denda apabila pembayaran pajak telat. Jika sudah benar,sobat akan dihadapkan dengan pertanyaan apakah anda ingin melakukan pembayaran? sobat langsung klik Ya.

Pilih Kota Tempat Pengambilan Nota Pajak

Langkah  Bayar Pajak Mobil Online kedua yaitu memilih kota tempat pengambilan nota pajak, proses ini dilakukan sebelum sobat membayarkan jumlah nominal pajak yang harus dibayarkan di mandiri internet banking. Adapun data yang harus di isi diantaranya

  • No BPKB : Masukan atau input No BPKB kendaraan sobat yang bisa dicari di STNK
  • Kota : Untuk kolom kota, masukan kota yang di inginkan untuk mengambil nota pajak.
  • Samsat : Untuk samsat, pilihlah samsat terdekat yang ada di tempat sobat
  • Bank : Untuk bank masukan bank yang akan digunakan untuk pembayaran
  • Layanan: Berhubung saya menggunakan internet banking, maka pilih internet banking
  • Kode Bayar : Untuk kode bayar, silahkan sobat mengklik pengajuan kode bayar yang berada disebalah

Jika sudah kode muncul, langkah selanjutnya sobat tinggil klik print. Adapun untuk contoh nota pajak bisa dilihat pada gambar dibawah ini

samsat

Buka Mandiri Internet Banking

Jika sudah mencetak dan mengprint nota pajak, langkah Bayar Pajak Mobil Online yang selanjutnya mengakses atau membuka internet banking mandiri. Untuk prosesnya buka Menu Bayar -> Multi Payment -> Pilih E-samsat jateng, tentunya untuk sobat yang berada di luar provinsi jateng pilih samsat sesuai dengan daerah masing masing.  Lalu masukan kode bayar yang sudah sobat peroleh dari web e-samsat yang tadi, kemudian klik Lanjutkan.

e bangking

Jika sudah mengklik pembayaran berarti proses pembayaran telah selesai dan sobat akan mendapatkan bukti pembayaran menggunakan internet banking seperti pada gambar dibawah ini.

multi payment

Jika sudah sampai tahapan yang ada diatas, silahkan sobat lakukan print out bukti pembayaran tersebut yang nantiny akan dijadikan bukti sah yang akan di tukar dengan nota pajak kendaraan sobat yang baru. Dan sekedar mengingatkan untuk batas waktu penukarannya sampai 7 hari, kalau boleh kami beri saran jika sudah mengprintnya sobat mendingan langsung ke samsat untuk mengambil nota pajak.

Panduan Mengambil Nota Pajak di Samsat

Setelah proses pembayaran selesai dan sudah mengeprint bukti pembayaran, langkah Bayar Pajak Mobil Online yang terakhir yaitu dengan mengambil nota pajak di samsat. Sama halnya dengan membayar pajak secara manual, sobat datang ke samsat pada jam kerja. Adapun untuk berkas yang harus dibawa diantaranya bukti pembayaran dari internet banking, KTP dan STNK asli bukan foto copy.

Begitu sampai ke samsat, silahkan sobat langsung menuju loket pembayaran, proses pengambilan nota pajak ini hanya memakan waktu 5 menit saja dan yang perlu digaris dibawahi tidak ada tambahan biaya dan yang paling menarik tidak antri.  Dan Bayar Pajak Mobil Online dari proses pertama sampai terakhir, kalau kami kalkulasikan hanya membutuhkan waktu 1 jam saja.

Tentunya adanya lanyanan bayar pajak mobil online ini sangat menghemat waktu kita, dan dibandingkan dengan membayar pajak secara manual tentunya lanyanan atau program ini sangat efektik dan efesien. Namun memasuki tahun 2017, bayar pajak kendaraan mengalami kenaikan. Untuk mengecek tarif kenaikan pajak kendaraan bermotor pada tahun ini bisa dilihat pada ulasan artikel kesempatan sebelumnya.