logo

Pengendara Wajib Tahu!! 5 Arti Garis Kuning dan Putih Di Jalan

5 Arti Garis Kuning dan Putih Di Jalan – Sudah menjadi rahasia umum jika pengendara yang ada di Indonesia banyak sekali yang mengabaikan aturan lalu lintas yang sudah ada, bisa dikatakan fenomena tersebut sudah menjadi tontonan sehari hari setiap saat kita berada di jalan raya. Contoh pelanggaran yang paling mudah dan sering kita lihat yaitu masih banyaknya pengendara yang menerobos lampu merah yang ada di prapatan, padahal adanya lampu merah untuk menghindari terjadinya tabrakan antara pengendara dari arah yang berlawanan.

Dan yang paling mengerikan lagi, pelanggaran lalu lintas yang sering dilakukan dan menelan banyak korban yaitu masih banyaknya pengendara motor atau kendara umum yang masih nekat menerobos palang pintu kereta api. Padahal sudah sangat jelas jika palang pintu sudah ditutup, para pekendara harus berhenti terlebih dahulu untuk mendahulukan kereta api jalan. Dan jika semua pelanggaran tersebut di langgar, al hasil nyawa yang menjadi taruhannya dari pelanggaran tersebut.

5 Arti Garis Kuning dan Putih Di Jalan

Selain menerobos lampu merah dan palang pintu kereta api, rambu lalu lintas yang sering kali di abaikan oleh pengendara yaitu garis kuning dan putih di jalan raya. Dan uniknya hampir sebagain besar mengangap bahwa garis kuning dan putih di jalan raya hanya sebuah pembatas saja, tapi sebenarnya pemerintah membuat garis kuning dan putih di jalan raya mempunyai makna dan maksud tertentu. Jika sobat ingin mengetahui Arti Garis Kuning dan Putih Di Jalan Raya, perhatikan informasinya dibawah ini.

adversitemens

Yellow Box Junction

Arti Garis Kuning dan Putih Di Jalan yang akan kami bahas pertama yaitu YBJ (Yellow Box Junction), biasanya rambu lalu lintas yang satu ini hanya ada di kota kota besar saja seperti Bandung, Jakarta dan kota besar lainnya. YBJ ini biasanya berada di samping jalan dan lucunya meskipun banyak yang sering melihat rambu lalu lintas yang satu ini namun masih banyak paham fungsi atau arti Yellow Box Junction ini.

Yellow Box Junction

adversitemens

Adapun adanya Yellow Box Junction ini berfungsi untuk menghindari supaya lalu lintas di persimpangan jalan tidak terkunci saat kepadatan terjadi. Pada umumnya, jika kondisi dijalan raya pada para pengendara akan menerobos lampu lalu lintas yang berada di di perempatan. Pada kondisi seperti itulah YBJ memiliki peran penting yaitu untuk mencegah kendaraan untuk tidak melewati garis.

Satu Garis Kuning Yang Putus-Putus

Arti Garis Kuning dan Putih Di Jalan yang kedua yaitu Satu Garis Kuning Yang Putus-Putus, jika rambu lalu lintas yang satu ini banyak ditemukan hampir dijalanan raya namun untuk jalan pedesaan biasanya tidak ada marka jalan yang satu ini, sementara jalan dalam kota biasanya terdapat garis jalan yang satu ini.

Satu Garis Kuning Yang Putus-Putus

Fungsi Satu Garis Kuning Yang Putus-Putus ini yaitu memberikan tanda bahwa pengendara di izinkan atau dibolehkkan menyalip kendaraan yang lainnya dengan syarat harus memperhatikan kondisi kendaraan lain yang berada disekitar.

Dua Garis Kuning Tanpa Putus-Putus

Arti Garis Kuning dan Putih Di Jalan ketiga yang akan kami jelaskan kepada sobat yaitu Dua Garis Kuning Tanpa Putus-Putus, untuk garis jalan yang satu ini tentunya sudah sangat familiar bagi para pengendara karena sering ditemukan di jalanan Indonesia. Meski sering melihatnya, mungkin tidak sedikit pengendara yang belum mengerti arti dan fungsi Dua Garis Kuning Tanpa Putus-Putus ini.

Dua Garis Kuning Tanpa Putus-Putus

Adapun Fungsi Dua Garis Kuning Tanpa Putus-Putus untuk memberikan tanda bahwa pengendara tidak di izinkan untuk menyalip kendaraan yang ada di depannya. Fungsi garing kuning ini hampir sama dengan garis putih tanpa putus putus.

Garis Putih Putus-Putus

Arti Garis Kuning dan Putih Di Jalan yang ke empat yakni garis putih putus putus, tentunya sobat sudah sangat akrab atau familiar dengan gari putih putus putus yang satu ini. Karena semua jalanan yang ada di Indonesia baik itu jalan kota, provinsi maupun kabupaten pasti terdapat garis putih putus putus ini.

Arti Garis Kuning dan Putih Di Jalan

Untuk fungsi garis putih putus putus ini yaitu memberikan izin kepada pengendara untuk menyalip kendaraan lain namun harus mempertimbangkan kondisi dan situasi dari arah berlawanan.

Garis Putih Tanpa Putus-Putus

Dan Arti Garis Kuning dan Putih Di Jalan terakhir yang akan kami jelaskan kepada sobat semuanya yakni Garis Putih Tanpa Putus-Putus, jika tadi diatas sudah dibahas garis putih yang putus putus sekarang tingga garis putih yang tanpa putus putus karena keduanya memiliki arti dan fungsi yang berbeda.

Garis Putih Tanpa Putus Putus

Adapun fungsi Garis Putih Tanpa Putus-Putus yaitu memberitahu kepada pengendara untuk tidak menyalip kendaraan yang ada di depannya dan pengendara harus tetap berada di jalurnya masing masing.

Kurang lebihnya itu saja yang bisa kami informasikan kepada sobat sekali mengenai 5 Arti Garis Kuning dan Putih Di Jalan, harapan kami dengan adanya informasi ini bisa menambah pengetahuan sobat seputar peraturan lalu lintas dan yang paling terpenting sobat juga lebih bijak dalam berkendara. Karena keselamatan diri sendiri dan pengendara lain berawal dari bijaknya pengendara. Baca juga informasi tarif kenaikan stnk dan bpkb yang sudah kami bahas pada kesempatan sebelumnya.