logo

10 Penyebab AC Mobil Kurang Dingin dan Cara Mengatasinya Lengkap

Penyebab AC Mobil Kurang Dingin – AC Mobil merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah mobil, hal ini dikarenakan AC Mobil mempunyai fungsi untuk memberikan suasana yang dingin dan sejuk pada ruangan mobil. Dengan adanya Ac Mobil ini tentu perjalanan akan lebih nyaman karena penghuni mobil tidak akan merasakan panas ketika berkendara khususnya pada kondisi jalanan yang macet.

Bisa kita bayangkan, jika kita berada di dalam mobil kemudian terjebak dalam situasi macet di siang hari. Pastinya kita akan merasakan panas atau gerah yang sangat luar biasa, dengan kondisi seperti itu tentunya kita tidak akan betah di dalam mobil karena kondisi di dalam ruang kabin sangat panas. Namun jika mobil dilengkapi ac, kita tidak perlu repot keluar mobil untuk menikmati udara yang sejuk.

ac mobil kurang dingin

adversitemens

Jadi jika ac mobil bermasalah tentu akan menjadi persoalan tersendiri bagi pemilik mobil, oleh karena itu ketika ac mobil bermasalah kita harus segera memperbaikinya agar kenyamanan berkendara masih kita dapatkan. Dan bicara terkait permasalahan ac mobil, pada umumnya masalah yang seringkali di keluhkan oleh pemilik mobil yaitu ac mobil yang kurang dingin dan bau ac mobil yang kurang enak.

Dari kedua masalah ac mobil tersebut, yang akan kami coba jelaskan yaitu mengenai penyebab ac mobil kurang dingin. Bicara tentang penyebab ac mobil kurang dingin pasti banyak sekali penyebabnya. Dari freon yang habis sampai drive belt putus juga termasuk salah satu penyebab ac mobil kurang dingin. Maka dari itu untuk mengatasi ac mobil yang kurang dingin, sobat perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya.

Penyebab AC Mobil Kurang Dingin

Jika ac mobil sekarang ini kurang atau tidak dingin dan ingin memperbaikinya, kami rasa sebelum melakukan perbaikan alangkah baiknya jika sobat mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Untuk mengetahui lebih jelas terkait Penyebab AC Mobil Kurang Dingin, mari simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

adversitemens

Saluran Buang Air Kondensasi Tersendat

Penyebab ac mobil kurang dingin yang sering ditemukan yaitu tersumbatnya saluran buang air kondensasi oleh kotoran. Jika kondisi tersebut dibiarkan maka rumah evap akan berembun dan meneteskan air yang biasanya membasahi dashboard, selain menetesnya air hembusan angin dari blower pun akan berkurang sehingga membuat udara yang dikeluarkan minim.

Evaporator Kotor

Seperti yang kita ketahui bersama, evaporator merupakan salah satu komponen di dalam ac yang memiliki fungsi yang sangat penting. Jadi jika evaporator kotor atau tersumbat membuat suhu yang dikeluarkan ac mobil tidak maksimal. Adapun penyebab evaporator kotor dikarenakan adanya debu yang menempel di permukaan evaporator sehingga aliran udara yang di keluarkan blower tidak maksimal yang menyebabkan ac mobil tidak dingin.

Kompressor Aus

Penyebab ac mobil kurang dingin yang ketiga yaitu kompressor yang sudah aus, biasanya kompressor yang aus ditindai oleh keluarnya bunyi dari kompressor saat ac dalam keadaan menyala. Untuk penyebab kompressor aus biasanya dikarenakan expansi tersumbat dan receiver driyer.

Kelebihan Oli Kompressor

Selain kompressor uas, Penyebab ac mobil kurang dingin yang selanjutnya yaitu kelebih oli kompressor. Perlu diketahui bahwa system pada ac mobil sudah mempunyai volumenya sendiri, jadi jika kelebihan oli kompressor maka spase untuk freon akan berkurang yang mengakibatkan tekanan yang berlebihan sehingga ac mobil kurang dingin.

Spul Magnetic Clutch Putus

Sebagaiamana yang sudah kami jelaskan diatas bahwa system ac mobil terbentuk dari berbagai komponen. Dan salah satu penyebab ac mobil kurang dingin yaitu putusnya spul magnetic clutch, jika komponen tersebut terbakar atau putus maka tidak akan bisa terhubung dengan puli kompressor yang menyebabkan kompressor tidak akan berputar ketika mesin dinyalakan.

Motor Cooling Fan Mati

Komponen ac yang menjadi penyebab ac mobil kurang dingin yang lainnya yaitu jika motor cooling fan mati. Akibat dari motor cooling fan mati yaitu pembuangan panas pada kondensor tidak baik sehingga suhu yang dikeluarkanpun tidak optimal.

Radiator dan Kondensor Kotor

Penyebab ac mobil kurang dingin yang ketujuh yaitu radiator dan kondensor kotor yang disebabkan masuknya debu pada sirip pemukaan yang tertekuk, jika kondensor kotor akibatnya pembuangan panas dari freon bertekanan tinggi di kondensor sehingga proses kondensasi tidak sempurna.

Freon Habis

Salah satu penyebab utama ac mobil kurang atau tidak dingin yaitu freon yang berkurang atau habis. Kurang atau habisnya freon pada ac mobil disebabkan terjadinya kebocoran pada sistem ac mobil.

Drive Belt Putus

Dan penyebab ac mobil kurang dingin selanjutnya yaitu drive belt putus, jika komponen ini putus sudah pasti ac mobil tidak akan dingin. Sebab fungsi drive belt yaitu menghubungkan putaran mesin dengan putaran kompresor ac.

Terjadi Overheating

Mesin yang terlalu panas juga termasuk penyebab ac mobil kurang dingin, karena jika overheating maka kipas kondensor tidak akan berputar alias mati.

Cara Mengatasi Ac Mobil Yang Kurang Dingin

Itulah beberapa Penyebab Ac Mobil Kurang Dingin yang bisa sobat ketahui, terus bagaimana Cara Mengatasi Ac Mobil yang kurang dingin? Tentunya untuk mengatasi ac mobil yang tidak dingin, sobat harus memperiksa terlebih dahulu apa penyebabnya. Jika ac mobil tidak dingin karena overheating maka untuk mengatasinya yaitu dengan mendinginkan terlebih dahulu mesin mobil agar tempraturnya normal kembali.

Namun jika mengatasi ac mobil kurang dingin karena komponen ac mobil kotor atau tersumbat tentu untuk mengatasi atau memperbaikinya dengan membersihkan komponen komponen yang kotor tersebut. Intinya dalam mengatasi ac mobil yang bermasalah, hal pertama yang perlu sobat lakukan yaitu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya jangan maen bongkar saja, karena jika tidak mengetahui terlebih dahulu gejala atau penyebabnya maka akan bingung sendiri.