logo

3 Penyebab dan Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras

Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras –┬áSeperti yang kita ketahui bersama, pada sepeda motor terdapat dua Shockbreaker yang di tempatkan pada bagian depan dan belakang. Secara umum fungsi Shockbreaker pada motor yaitu untuk meredam hentakan dari kasar atau kerasnya permukaan jalanan. Bisa kita banyangkan apabila sepeda motor tidak ada Shockbreaker pasti akan tidak nyaman, bahkan bisa membuat badan para pengendara bisa sakit karena tidak ada peredam yang mengontrol kerasnya permukaan jalan.

Maka dari itu keberadaan Shockbreaker ini sangat penting pada sebuah motor.Jangankan tidak ada Shockbreaker, meskipun ada Shockbreaker namun kinerjanya tidak terlalu baik juga sangat mengurangi kenyamanan berkendara karena peredam kejut pada Shockbreaker tidak optimal sehingga mengurangi kenyamanan berkendara. Dan kemungkinan kinerja Shockbreaker mengurangi penurunan kinerja sangatlah mungkin, karena yang namanya komponen pada motor juga akan mengalami kerusakan.

Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras

adversitemens

Permasalahan yang seringkali dihadapi oleh pemilik motor pada urusan Shockbreaker yaitu Shockbreaker Depan Keras atau kurang empuk sehingga menyebabkan kenyamanan berkendara berkurang khususnya pada saat melakukan pengereman. Ada banyak hal yang menyebabkan Shockbreaker Depan Keras atau tidak empuk, salah satunya yaitu terjadinya kebengkokan pada garpu suspensi. Selian itu penggunaan minyak pelumas shockbreaker yang terlalu kental juga termasuk Penyebab Shockbreaker Depan Keras.

Penyebab Shockbreaker Depan Keras

Agar sobat lebih paham apa saja Penyebab Shockbreaker Depan Keras, mari simak baik baik informasi yang akan bahas kali ini terkait 3 Penyebab dan Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras. Dan sebelum membahas tentang Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras, ketahui terlebih dahulu beberapa Penyebab Shockbreaker Depan Keras yang ada dibawah ini.

Minyak Pelumas Shockbreaker Terlalu Banyak

adversitemens

Penyebab Shockbreaker Depan Keras pertama yang bisa diketahui yaitu terlalu banyaknya minyak pelumas pada tabung. Perlu diketahui, shockbeker motor depan akan berfungsi dengan baik jika kapasitas minyak pada tabung pas. Maksud dari pas disini tidak terlalu banyak ataupun tidak terlalu sedikit. Jika minyak shockbeker terlalu banyak efek yang dihasilkan akan terlalu keras, sebaliknya jika kapasitas minyak kurang maka shockbeker akan lembek.

Minyak Pelumas Shockbreaker Terlalu Kental

Selain kapasitas atau takaran minyak pelumas, Penyebab Shockbreaker Depan Keras yang lainnya yaitu penggunaan jenis pelumas yang terlalu kental. Minyak pelumas yang terlalu kental membuat pergerakan suspensi terlalu berat sehingga shockbeker akan lebih keras.

Garpu Suspensi Bengkok

Penyebab Shockbreaker Depan Keras yang terakhir yaitu terjadinya kebengkokan pada bagian garpu suspensi. Garpu shockbeker yang bengkok akan menimbulkan pergerakan suspensi tidak baik pada saat naik/turun pada tabung suspensi sehingga untuk menyerap getaran tidak berjalan dengan baik.

Itulah 3 Penyebab Shockbreaker Depan Keras yang sering kali menjadi masalah dari suspensi motor tidak bekeraja dengan baik. Lalu untuk Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras, ada 3 cara yang bisa sobat lakukan. Berikut ini 3 Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras yang sesuai dengan penyebabnya.

Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras

  • Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras karena garpu suspensi bengkok yaitu dengan melakukan pengepresan terhadap garpu suspensi agar lurus kembali, jika sobat memiliki budget yang berlebih bisa juga diganti dengan yang baru biar kinerjanya lebih sempurna.
  • Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras karena minyak pelumas yang terlalu kental yaitu dengan mengganti jenis minyak shockbeker standard yang direkomendasikan dari pabrikan.
  • Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras karena kapasitas minyak pelumas suspensi terlalu banyak yaitu dengan mengganti minyak pelumas yang baru, tapi yang perlu di ingat takaran atau kapasitas minyak harus sesuai yang dianjurkan dari pabrikan.

Singkat kata itu saja yang bisa kami sampaikan kepada sobat terkait Penyebab dan Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras, semoga dengan adanya ulasan informasi ini sobat bisa mengobati penyakit suspensi depan yang keras yang di alami motor kesayangannya. Baca juga tips otomotif lainnya tentang Cara Memperbaiki Indikator Bensin Mati dan Cara Merawat Aki Basah Motor